Karyawan Pabrik Susu Pandaan Dirikan Tenda Tolak PHK

3631

demo pandaanPandaan (wartabromo) – Sejumlah karyawan PT Indolakto, Pandaan, melakukan aksi bangun tenda di depan pintu pabrik. Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) tersebut menuntut perusahaan mempekerjakan mereka kembali.

“Aksi protes karyawan kali ini menuntut 5 hal terhadap perusahaan. Masing-masing tuntutan tersebut, pekerjakan kembali 10 karyawan yang diberhentikan sepihak, BPJS kesehatan, BPJS tenaga kerja, UMK 2016 dan status karyawan tetap,” kata Pengurus Komisaris KSBSI PT Indolakto Pandaan, Zaenal Arifin, di lokasi, Kamis (11/2/2016).

Menurut Zaenal, sebelumnya ada 6 tuntutan yang akan diusung oleh para karyawan tersebut. Namun satu tuntutan yakni dibayarkanya tunggakan gaji sebesar Rp 18.6 juta untuk 10 karyawan yang di PHK telah dikabulkan perusahaan.

Baca Juga :   4 Pemuda Pengedar Sabu Asal Pandaan Dibekuk Polisi dalam Satu Malam

“Tadinya ada 6 tuntutan kita, tapi satu tuntutan tunggakan gaji sudah dibayar oleh perusahaan seminggu lalu,” jelas Zaenal.

Pendirian tenda oleh pengunjuk rasa dipintu gerbang perusahaan mengakibatkan mobilitas perusahaan Indolakto Pandaan terganggu.

“Kemarin kita sudah berunding dengan perusahaan, tapi buntu,” tandas Zaenal.

Aksi unjuk rasa dengan mendirikan tenda di pintu gerbang perusahaan sampai ada jawaban dari pihak perusahaan atau 80 hari kedepan. (egy/fyd)