Bangun Museum, Pemkab Pasuruan Siapkan Rp 5 Miliar

657

masjid-chen-hoo1Pandaan (wartabromo)- Pemkab Pasuruan tengah menyiapkan anggaran cukup besar untuk membangun museum. Angkanya mencapai Rp 5 miliar. Tahun ini, rencana tersebut dijadwalkan sudah mulai direalisasikan.

Kepastian itu disampaikan Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, Rabu (10/2/2016). Menurut Irsyad, ide pembangunan museum itu merujuk pada wilayahnya yang memang banyak memiliki situs bersejarah. Akan menjadi berarti, kata dia, jika keberadaannya diabadikan melalui museum.

“Sudah ada rencana itu. Anggarannya juga sudah kami siapkan, sekitar Rp 5 miliar. Insya Allah tahun ini sudah bisa dimulai pembangunannya,” kata Irsyad kepada wartabromo.com.

Sejauh ini, lanjut Irsyad, kompleks Masjid Ceng Hoo, Pandaan menjadi alternatif utama lokasi dimana museum tersebut akan dibangun. Paling tidak, keberadaan museum nanti akan melengkapi keberadaan masjid Cheng Hoo yang memang sudah menjadi salah satu destinasi wisata di Pandaan. “Rencananya dua lantai,” sambung Irsyad.

Baca Juga :   Fatwa MUI Tentang Penyembelihan Hewan Kurban

Selama ini, Kabupaten Pasuruan memang dikenal sebagai salah satu kota tua di Jawa. Dalam sejumlah riwayat, nama Pasuruan beberapa tersebut sejumlah literature sejarah. Bahkan, konon, tempat lahir Mahapatih Majapahit, Gajah Mada juga disebut-sebut lahir di daerah ini. (fyd/rur)