15:11 - Selasa, 24 November 0539
Kamis, 3 Maret 2016 | 19:39

LAPAN Pasuruan akan Gelar Nobar Gerhana Matahari Total

Kepala LAPAN, Dian Yudha Risdianto, menunjukkan salah satu teleskop yang akan digunakan untuk nonton bareng gerhana matahari total, Kamis (3/3/2016). Nobar akan digelar pada 9 Maret mendatang. WARTABROMO

Gempol (wartabromo) – Kantor Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di, Gempol, Pasuruan akan menggelar nonton bareng (nobar) fenomena alam gerhana matahari total pada 9 Maret mendatang. Sebanyak 7 teleskop layar lebar akan dipasang untuk warga yang ingin meyaksikan fenomena alam langka tersebut. Selain itu, 250 kacamata khusus juga akan dibagikan ke warga untuk melihat langsung gerhana.

“Di Jawa Timur warga dapat melihat gerhana matahari total pada pukul 06.21 WIB sampai pukul 08.39 WIB. Namun untuk wilayah Jawa gerhana matahari total hanya akan terlihat sampai 83 persen saja atau seperti bulan sabit,” kata Kepala LAPAN, Dian Yudha Risdianto, di kantornya, Kamis (3/3/2016).

Saat ini persiapan demi persiapan sudah dilakukan di kantor Lapan. 7 teleskop permanen yakni 2 teleskop flare dan 5 teleskop fortable yang diletakan di atas gedung disipakan. Selain itu proyektor layar lebar dipasang di depan kantor.

“Lamanya gerhana matahari total di wilayah Jawa Timur akan berlangsung selama 2 jam 17 menit,” jelasnya Dian.

Dian mengatakan gerhana matahari total akan terjadi lagi di wilayah Indonesia pada tahun 2023, sedangkan gerhana matahari total pada tanggal 9 maret 2016 di lokasi yang sama hanya akan terjadi 350 tahun lagi. (fyd/fyd)

 

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Kisah Mahasiswa Penjual Cilok, Kehilangan Laptop Kesayangan Hingga Ngajar Mengaji

USAID IWINS Gelar Pelatihan Jurnalisme Warga