15:11 - Minggu, 23 November 0859
Kamis, 3 Maret 2016 | 19:48

USAID IWINS Gelar Pelatihan Jurnalisme Warga

jurnalisme wargaGrati (wartabromo) – USAID IWINS menggelar pelatihan jurnalistik bagi warga. Pelatihan ini bertujuan mendorong warga aktif dan mampu menyampaikan informasi terkait isu sanitasi dan air bersih kepada khalayak.

“Yang kita libatkan dalam pelatihan ini warga yang sudah menerima manfaat program USAID IWINS, baik sanitasi maupun air bersih,” kata penanggungjawab kegiatan, Dhina Mustikaningrum, di lokasi pelatihan Desa Sumberdawesari, Kecamatan Grati, Kamis (3/3/2016).

Pelatihan ini dibagi dalam tiga angkatan di lokasi berbeda dengan total peserta 79 orang. Angkatan I digelar pada 27-28 Desember 2015 di Keluragan Kebonagung, Kota Pasuruan dengan peserta dari Kelurahan Kebonagung, Bugul Lor, Kepel, Pekuncen dan Ponpes Ngalah.

Untuk angkatan II pada 10-11 Januari 2016 di Desa Sukorejo diikuti peserta dari Desa Sukorejo, Kelurahan Pohjentrek, Kelurahan Kalianyar, Kecamatan Bangil dan Ponpes Al Hidayah II. Sementara angkatan III pada 2-3 Maret 2016 di Desa Sumberdawesari. Pesertanya dari desa setempat, dari Kelurahan Randusari, Ngemplakrejo, Tambaan, Desa Kalirejo dan Ponpes Bayt Al Hikmah.

“Materi pelatihan meliputi penulisan berita dan opini, foto jurnalistik, jurnalisme warga, media sosial dan etika jurnalistik,” jelas Dhina.

jurnalisme warga latihan wawancaraMenurut Dhina, para peserta dari tiga angkatan sangat antusias selama pelatihan. Mereka aktif bertanya pada dua wartawan yang dihadirkan sebagi narasumber.

“Secara umum mereka masih awam dengan dunia jurnalitik, makanya sangat aktif bertanya karena ingin belajar jurnalistik. Para narasumber juga sangat sabar memberikan pelatihan sehingga pada hari kedua di setiap angkatan sebagian peserta sudah mampu menulis berita meski belum sempurna,” terangnya.

USAID IWINS sendiri merupakan program 3 tahun yang bertujuan meningkatkan akses air bersih dan sanitasi bagi warga berpenghasilan rendah. Sampai saat ini, IWINS telah menyelesaikan konstruksi IPAL Komunal di 6 komunitas dan 1 pesantren, MCK di 2 pesantren dan sarana air bersih di 1 lokasi dan master meter di 5 lokasi lainnya. (fyd/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

LAPAN Pasuruan akan Gelar Nobar Gerhana Matahari Total

Wisata Srengenge Gering