05:43 - Selasa, 21 November 2017
Jumat, 4 Maret 2016 | 11:49

Tiga Tersangka Pembakar Mobil Kades Dibekuk, Motifnya Dendam

Dua mobil Kades Asembakor, Probolinggo, yang dibakar Oktober 2015 lalu. Foto: Sundari/dok.

Kraksaan (wartabromo) – Masih ingat dengan kasus pembakaran dua mobil milik H. Muhammad Zainullah, Kepala Desa (Kades) Asembakor, Kecamatan Kraksaan, pada akhir Oktober 2015 lalu? Jumat (4/3/2016), pelaku pembakaran itu berhasil ditangkap oleh Satreskrim Polres Probolinggo.

Setelah mengendap hampir 5 bulan, kasus pembakaran mobil itu berhasil diungkap polisi. Ada tiga yang diduga menjadi pelaku pembakaran, yakni Sulaiman (36), Holilullah (30) dan Karyawan (36), ketiganya merupakan warga Desa Asembakor.

Ihwal keberhasilan ungkap kasus itu menurut Kasatreskrim Polres Probolinggo AKP Mobri C Panjaitan, berawal dari penangkapan Sulaiman, warga setempat, yang menjadi tersangka pencurian mesin disel. Dari pengembangan kasus itu, Sulaiman juga mengaku sebagai pelaku pembakaran mobil kades.

“Sulaiman kemudian kami pressing dan akhirnya ia mengaku sebagai pelaku pembakaran. Dari mulutnya juga kami berhasil mengantongi dua nama tersangka lainnya,” ujar Kasatreskrim.

Dari hasil penyelidikan diketahui bahwa aksi itu diotaki oleh Karyawan karena dendam terhadap H. Muhammad Zainullah. Dimana, Karyawan pernah dilaporkan ke polisi dan dipenjara, berdasarkan laporan kades tersebut.

“Motifnya dendam lama, namun kami masih mengembang kasus ini, karena tidak menutup kemungkinan ada tersangka lain,” kata AKP Mobri.

Oleh polisi, ketiga tersangka dikenakan pasal 187 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama 12 kurungan penjara. “Itu hukuman maksimalnya,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui aksi pembakaran dua mobil terjadi pada Kamis (22/10/2015) silam. Dua mobil itu, Suzuki APV Nopol K 1351 XO dan Mitsubishi Kuda Nopol P 1361 E yang diparkir di depan rumah kades. Kebetulan, rumahnya tepat berada di tepi jalan desa Asembakor. Kerusakan kedua mobil akibat dilahap api, cukup parah. Kerugian diperkirakan berkisar Rp 150 juta. Sebagian besar bagian mobil terbakar, baik bagian luar maupun dalamnya.

Pembakaran dua mobil kades terpilih tahun 2015 itu diperkirakan terjadi sekitar pukul 03.00. Pelaku membakar dua mobil itu dengan meletakkan tumpukan kain diantara kedua mobil itu dan disiram bensin. Kemudian, dibakar sampai merambat ke kedua mobil kades. (saw/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Hati-hati! Banyak Lubang di Jalur Menuju Taman Safari Prigen

Punya Rp 3,3 T, Yakin Bisa Kembangkan Semua Potensi Daerah