00:29 - Sabtu, 18 November 2017
Selasa, 8 Maret 2016 | 17:42

Dinkes Fokus Cegah HIV/AIDS yang Meningkat Signifikan

hiv-aid pasuruanLekok (wartabromo) – Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan mengaku miris dengan peningkatan kasus HIV/AIDS yang signifikan. Selain HIV/AIDS, Kejadian Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah Dengue juga jadi fokus perhatian.

“Kami lebih fokus pada upaya pencegahan demam berdarah dan HIV AIDS. Karena adanya Kejadian Luar Biasa DBD dan peningkatan signifikan dari penderita HIV AIDS di Kabupaten Pasuruan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, Leombini Pedjati Lajoeng, dalam acara pencanangan PIN Polio 2016 di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Jatirejo, Kecamatan Lekok, Selasa (8/3/2016).

Dalam kesempatan tersebut juga dikenalkan Gerakan Masyarakat Sehat dan Sadar Lingkungan (Gemas Darling) Kabupaten Pasuruan tahun 2016. Gemas Darling, kata Loembini, secara garis besar meliputi revitalisasi dasa wisma, menumbuhkan kegotongroyongan dan kemandirian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan dalam upaya pencegahan penyakit.

Gerakan ini juga akan melakukan penilaian Desa Bergemas Darling dengan fokus pada kebersihan lingkungan dan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk 4M-Plus, ante natal care (ANC) ibu hamil dan kelahiran, maupun keterlibatan pimpinan wilayah terhadap hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan.

“Sebagai tahap awal kami akan membentuk kelompok-kelompok peduli dan sadar HIV/AIDS di tiap kecamatan, yakni masyarakat sadar HIV AIDS (Mas Sahid) dan Putera-Puteri Pelajar Sadar HIV AIDS (Pijar Sahid),” kata Loembini, tanpa memberikan data detail terkait DBD dan peningkatan kasus HIV/AIDS. (fyd/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Pemkot Pasuruan Akan Bangun Puluhan Septic Tank Komunal

Tiga Maling Sapi Dihajar Warga