02:58 - Senin, 20 November 2017
Jumat, 25 Maret 2016 | 19:47

Nikmati Liburan, 500 Pendaki Naik ke Gunung Arjuna – Welirang

Lebih dari 500 pendaki Arjuno-Welirang dari berbagai daerah di Jawa sudah mendaftar di Pos Pendakian, Tretes, Prigen, Jumat (25/3/2016). Pos Tretes lebih menarik pendaki daripada 4 pos lainnya karena mudah dijangkau dan lebih dekat dengan puncak. WARTABROMO/Egy Sigit

Prigen (wartabromo) – Para pecinta alam yang berencana menghabiskan libur panjang akhir pekan untuk mendaki gunung Arjuna, Ringgit dan gunung welirang mengalami peningkatan yang signifikan.

Berdasarkan data yang didapatkan wartabromo dari Pos pendakian Taman Hutan Rakyat R. Soeryo Prigen, Pasuruan tercatat sejak kemarin hingga Jumat (25/3/2016) hari ini lebih dari 500 pengunjung telah tercatat.

Petugas pendakian taman hutan raya Raden Soeryo, Agus Budi Utomo mengatakan, selain berasal dari wilayah Jawa Timur, para pendaki yang berlibur dikawasan gunung Arjuna juga berasal dari daerah lain seperti Jawa Tengah dan Jawa Barat.

“Dari luar daerah seperti Jakarta juga banyak. Mereka datang dari malam tadi, ” kata Agus.

Menurutnya, meski memiliki empat lokasi pos pantau pendakian yang tersebar di empat kota/Kabupaten, namun pos pantau di Tretes, Prigen tetap menjadi pilihan para pendaki. Selain mudah dijangkau dengan angkutan umum, jarak tempuh pendakian ke puncak gunung lebih dekat dibandingkan pos yang lain.

“Jarak tempuh dari Pos Tretes kepuncak lebih dekat jadi banyak yang lewat sini (Prigen),” tandas Agus.

Meski mengalami peningkatan jumlah pengunjung, harga tiket bagi pendaki tidak berubah, yakni Rp. 8.200 termasuk asuransi.

Kendati demikian, cuaca yang tidak menentu dikawasan gunung Arjuno diharapkan para pendaki supaya menyiapkan perbekalan dan perangkat pendakian yang dianjurkan.

“Dihimbau agar pendaki membawa peralatan yang memadai seperti tenda dan tidak melawan cuaca” pungkas Agus. (egy/yog)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Mondok Itu Keren, Pasuruan Siap Jadi Tuan Rumah Silatnas ‘Ayo Mondok’

Seru! Perwira Polres Pasuruan Lomba Masak Nasgor Pakai Daster