15:11 - Selasa, 23 November 4709
Senin, 28 Maret 2016 | 14:59

Panitia Ujian Nasional 2016 Dikukuhkan

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengukuhkan Panitia Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2015/2016, Senin (28/3/2016). Pelaksanaan UN akan dimulai 4 April mendatang. WARTABROMO/E Akbar

Bangil (wartabromo) – Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengukuhkan Panitia Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2015/2016, Senin (28/3/2016). Pelaksanaan UN akan dimulai 4 April mendatang.

Pengukuhan panitia UN SMP/MTs/SMA/MA/SMALB/SMK, Program Paket B/Wustha, Paket C dan Paket C  Kejuruan dan Ujian Sekolah SD/MI/SDLB serta Pendidikan Kesetaraan (PK) Program Paket A/ dilakukan Aula SMAN I Bangil.

Panitia UN sendiri antara lain Bupati Pasuruan bertindak sebagai Pembina bersama Sekda Kabupaten Pasuruan dan Kapolres Pasuruan. Kemudian Kepala Dinas Pendidikan Iswahyudi sebagai Ketua I, dilanjutkan Kepala Kemenag Barnoto, sebagai Ketua II, Sekretaris Dinas Pendidikan Mustain sebagai Sekretaris, Kabag TU Kemenag Fausi sebagai Sekretaris II, Bendahara diemban Cicik Dwi Retno Utami.

Pasca pengukuhan, seluruh anggota panitia UN Kabupaten Pasuruan akan melaksanakan beragam tugas penting di antaranya merencanakan UN, Penandatanganan Pakta Integritas dengan satuan pendidikan, pendataan satuan pendidikan penyelenggara UN, Sosialisasi UN di masing-masing wilayah, pendataan calon peserta UN dan Pengawas, pencetakan daftar nominasi sementara peserta unas, pengkoordinasian data nilai, hingga pelaporan kegiatan UN maupun Pasca UN.

Menurut Iswahyudi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, sebagai langkah awal menjelang pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah, pihaknya telah melakukan beberapa langkah, diantaranya sosialisasi ke semua jenjang sekolah tentang informasi pelaksanaan ujian nasional dan ujian sekolah melalui rapat-rapat dinas, membuat Surat Edaran Bupati kepada Camat dan lembaga lainnya, mengadakan bimbingan secara kontinyu, tray out berbasis komputer, menjaga kestabilan sekolah serta melaksanakan istighosah atau doa bersama.

“Intinya adalah kita berusaha untuk mensukseskan Unas dan Ujian Sekolah, tanpa ada cacat sedikitpun, baik itu Unas dengan sistem PBT maupun CBT,” kata Iswahyudi di sela-sela acara.

Lebih lanjut Iswahyudi menambahkan, jumlah sub rayon yang mengikuti ujian nasional maupun ujian sekolah sebanyak 155 sub rayon/penyelenggara, sedangkan jumlah peserta mencapai 64.242 siswa, dengan rincian siswa SD negeri/swasta sebanyak 20.619 peserta, MI negeri/swasta sebanyak 4491 anak, SDLB 4 anak, SMP negeri/swasta sebanyak 13.985 anak, MTs dengan 8139 siswa, 2619 peserta SMA negeri swasta, 3810 pelajar MA, 7017 pelajar SMK negeri/swasta, 290 anak dari Paket A, 1565 anak dari Paket B, serta 1706 anak dari Paket C.

“Untuk tahun ini, jumlah sekolah yang melaksanakan unas online ada 42 lembaga, terdiri dari 5 SMP negeri dan swasta, 1 Mts negeri, 13 SMA negeri dan swasta, 20 SMK negeri swasta, dan 3 MA negeri/swasta,” imbuhnya.

Bupati Irsyad berharap pelaksanaan UN dapat berlangsung dengan aman, nyaman dan tidak ada keterlambatan dalam hal apapun. Selain itu, ia berharap agar Kabupaten Pasuruan mampu mempertahankan prestasi yang membanggakan, yakni 100% lulus ujian nasional.

“Tahun 2015 lalu adalah tahun dimana kita kebanjiran banyak prestasi. Salah satunya prestasi pendidikan yang sudah mencapai lebih dari 50 penghargaan baik d tingkat Jatim maupun Nasional dan luar negeri. Saya acungkan jempol untuk semua pihak yang telah membantu kami mewujudkan Kabupaten Pasuruan yang sejahtera dan maslahat,” kata Irsyad dalam sambutannya.

Pengukuhan ini dihadiri juga oleh Wakil Bupati Pasuruan, Riang Kulup Prayudha, Ketua DPRD, Sudiono Fauzan, Asisten Perkonomian dan Pembangunan, A Munif, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Pasuruan, KH Mujtaba Abdussomad. (mil/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

47 Pelajar Pasuruan Berjuang Meraih Bea Siswa ke China

Atap Dua Kelas SMP 11 Pasuruan Ambruk