16:49 - Sabtu, 25 November 2017
Kamis, 7 April 2016 | 18:50

PHK Puluhan Buruh, PT Soedali Sejahtera akan Di-SP2


IMG_20160407_175908Pasuruan (wartabromo)
– Setelah menunggu selama enam jam puluhan buruh PT Soedali Sejahtera, Pandaan yang berada di pendopo kabupaten akhirnya ditemui Kepala Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi (Disnakersostrans), Yoyok Heri Sucipto. Yoyok berjanji akan memberikan Surat Peringatan ke-2 (SP2) kepada pabrik tekstil agar memenuhi tuntutan buruh.

Sebanyak 40 buruh yang sebagian besar perempuan sudah berada di pendopo sejak pukul 07.00. Kedatangan mereka untuk mengadu ke bupati. Namun karena bupati sedang di luar kota, buruh memutuskan menunggu kepala dinas. Saat menunggu para buruh ini ‘klesetan’ di lantai pendopo. Hingga pada pukul 13.00, Yoyok datang menemui mereka.

Sebenarnya ada 56 buruh yang di-PHK dan terus menolak. 40 buruh datang ke pendopo dan yang lain bertahan di tenda yang dibangun di depan pabrik sebagai wujud protes. Para buruh membangun tenda sehari setelah di-PHK, pada 24 Desember lalu.

“Kami sudah kasih SP (surat peringatan) 1 ke perusahaan. Buruh minta segera ada SP 2. Tapi itu nggak bisa karena batas toleransi SP 1 yang lima hari belum habis,” kata Yoyok.

Pihaknya baru akan memberikan SP 2 pada Senin depan. “Toleransi SP 2 tiga hari, jika tak mengindakan akan ada LK (laporan kejadian),” tandas Yoyok.

Yoyok menyatakan pihaknya tidak bisa melanggar aturan saat akan menegakkan aturan. “Jadi buruh harus sabar,” pungkasnya.

Setelah mendapatkan kepastian Senin (11/4) akan terbit SP II, buruh membubarkan diri. (fyd/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Debit Air Menurun, PDAM Pandaan Tak Bisa Layani Pelanggan Baru

Bangun Tenda dan Mengemis jadi Tren Demo Buruh