15:11 - Sabtu, 23 November 4701
Selasa, 12 April 2016 | 16:09

Mantan TKI Diusulkan jadi Pemandu Wisatawan Asing

gunung bromoPasuruan (wartabromo) – Selain potensi pariwisata yang sudah memadai, dibutuhkan pula sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dalam pengembangan pariwisata.

Tanpa dukungan SDM, pengembangan pariwisata tidak akan optimal, apalagi Pemkab Pasuruan punya rencana besar membangun brand Wisata Halal.

“Saya mendukung rencana tersebut. Pasuruan punya potensi untuk ke sana,” kata Trisno Sudigdo, pelaku wisata di Tosari, Selasa (12/4/2016).

Selain infrastruktur dan sarana-prasarana, kata dia, SDM harus dipersiapkan sejak dini.

“Terutama untuk pemandu wisata, saya sudah usulkan ke bupati agar mantan TKI yang pintar bahasa asing direkrut dan diberdayakan,” jelas salah satu staf promosi wisata di Kementerian Pariwisata ini.

Trisno menyebut, Bupati Irsyad, menyambut baik usulan tersebut, tentunya mantan TKI yang dipilih harus benar-benar punya kemampuan.

Jika mereka diberdayakan, para mantan TKI di Timur Tengah dan sejumlah negara Asia ini tidak akan tergoda balik lagi ke luar negeri.

Kabupaten Pasuruan memimpikan Destinasi Wisata Halal Kabupaten Pasuruan sudah bisa dikenalkan pada 2018. Diharapkan dengan cara ini bisa menarik wisatawan dari Timur Tengah.

Pemkab juga akan melakukan studi ke Lombok, NTB, yang telah mengukuhkan diri sebagai destinasi World Best Halal Tourism dan World Best Halal Honeymoon yang diterima dari ajang kompetisi dunia The World Halal Travel Summit/Exhbition yang diumumkan di Uni Emirat Arab (UEA) pada 2015. (fyd/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Rancang Destinasi Wisata Halal untuk Menarik Wisatawan Timur Tengah

Kantongi Sertifikat Prima, Mangga Klonal 21 jadi Andalan Kabupaten Pasuruan