15:11 - Minggu, 22 November 3457
Jumat, 22 April 2016 | 23:45

Rois Syuriah PCNU Gunakan Sistem Ahwa, Ketua Tandfiziyah Ditentukan 329 Suara

Konfercab NUPohjentrek (wartabromo) – Konferensi Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Pasuruan dengan agenda pemilihan Ketua PCNU dan Rois Syuriah Kabupaten Pasuruan akan diikuti dan dihadiri oleh sebanyak 1500 undangan dan warga NU yang akan tumplek blek di Gedung Graha NU Kabupaten Pasuruan, Warungdowo, Sabtu (23/4/2016).

“Ada sekitar 1500 hadirin yang direncanakan hadir dalam kegiatan konferensi NU besok, ” kata Nasih Nashor, Ketua Panitia Pelaksana, Jumat (22/4/2016).

Namun demikian, dari jumlah tersebut yang memiliki hak suara untuk memilih dan menentukan Ketua PCNU Kabupaten yang baru hanya sekitar 329 terdiri atas 310 suara dari perwakilan ranting dan 19 suara dari perwakilan MWC NU.

“Mereka nanti yang berhak untuk menggunakan hak suaranya memilih Ketua PCNU yang baru, ” kata Nasih.

Menurutnya, para peserta kegiatan konferensi tersebut dipersilahkan untuk menuliskan nama calon yang diusulkannya dalam tahap pencalonan. Selanjutnya akan ditentukan jumlah suara masing – masing calon sesuai tata tertib yang sudah diputuskan.

“Secara teknis akan ditentukan melalui sidang pleno tata tertib nantinya, ” ujarnya.

Sementara itu, untuk pemilihan Rois Syuriah PCNU Kabupaten Pasuruan akan diberlakukan berdasarkan sistem AHWA (Ahlul Halli Wal ‘Aqli) sebagaimana mengacu pada Muktamar NU.

“Sistem Ahwa ini akan melibatkan perwakilan syuriah MWC untuk mengusulkan 5 nama untuk selanjutnya mereka menentukan 1 diantara 5 nama tersebut, ” terangnya.

Sejauh ini, lanjutnya, persiapan untuk pelaksanaan Konfercab NU Kabupaten Pasuruan sudah rampung. Sejumlah stand pameran beragam produk unggulan dari berbagai kecamatan juga mulai dipersiapkan. (yog/yog)

Komentar Anda

Komentar

Ansor Pasuruan Siap Copot Spanduk Makar Khilafah

NU, Organisasi Sarang Tawon