15:12 - Minggu, 25 November 7162
Kamis, 28 April 2016 | 15:55

Dana Desa Kabupaten Pasuruan Mulai Dicairkan

Penyerahan Dana Desa secara simbolis oleh Bupati Irsyad Yusuf kepada kepala desa. (Foto: Emil/wartabromo)

Pasuruan (wartabromo) – Setelah ditunggu-tunggu, dana desa (DD), alokasi dana desa (ADD) dan dana bagi hasil pajak dan retribusi daerah, akhirnya siap dicairkan.

Tri Agus Budiharto, Kepala Bappemas Kabupaten Pasuruan menjelaskan, saat ini ada 4 desa yang alokasi dana desa dan dana bagi hasil pajak dan retribusi daerahnya telah dicairkan. Antara lain Desa Sambisirah, Kecamatan Wonorejo, kemudian Desa Tampung, Kecamatan Rembang, Desa Mulyorejo, Kecamatan Kraton, serta Desa Ketegan, Kecamatan Rejoso. Sedangkan untuk dana desa masih dalam tahap pengajuan.

“Yang diajukan dari empat desa itu sebelumnya hanya ADD dan dana bagi hasil pajak dan retribusi. Tak hanya itu, sekarang ada 48 desa lain yang sudah selesai kami verifikasi, sehingga hanya menunggu pencairan dari DPKD saja,” kata Tri, Kamis (28/2016).

Lebih lanjut Tri menjelentrehkan bahwa tahun ini, Pemkab Pasuruan telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 215,692 Milyar lebih yang bersumber dari dana desa, kemudian Rp 143,532 Milyar lebih bersumber dari ADD, serta Rp 28,364 Milyar lebih bersumber dari dana bagi hasil pajak dan retribusi daerah.

Semua dana tersebut akan disalurkan kepada 341 desa se-Kabupaten Pasuruan, sehingga tahun ini Pemkab Pasuruan menggelontorkan dana kepada desa dengan total mencapai Rp 387.588.890.386 Milyar.

“Banyak sekali desa-desa yang belum dapat dicairkan, mengingat ada banyak persyaratan yang belum dilengkapi, seperti APB (anggaran pendapatan dan belanja) desa, RPJM desa, LKPJ Desa hingga RKP Desa dan LPPD. Untuk itu kami harapkan semakin cepat semakin bagus,” imbuhnya. (mil/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Desak Jukir Ditertibkan, Wakil Ketua Komisi II : PAD dari Parkir Berlangganan Rp. 7,5 Miliar

Pemkab, Kejaksaan dan Kades se-Kabupaten Pasuruan Siap Kawal Dana Desa