02:50 - Selasa, 17 Juli 2018
Kamis, 5 Mei 2016 | 13:02

Kisah Brigadir Iwan Sudarmono Sukses Usaha Daur Ulang Sampah

warmo 5Kejayan (wartabromo) – Awalnya hanya berniat menambah penghasilan, namun lambat laun, bisnis daur ulang sampah yang ditelateni Brigadir Iwan Sudarmono, semakin menjanjikan. Anggota Polres Pasuruan Kota ini saat ini memiliki 19 karyawan.

“Saya sudah 12 tahun berdinas di Polres Pasuruan. Di sela-sela tugas, saya mengumpulkan sampah, baik kerta maupun plastic,” kata Iwan di lokasi pengumpulan sampah sekaligus penggilingan di Desa/Kecamatan Kejayan, Kamis (5/5/2016).

Menurut Iwan, awalnya dia hanya mengumpulkan sampah, menyortir sendiri bersama istrinya kemudian dijual. Namun lama-kelamaan ia mendapat pinjaman modal dari komandannya di Satuan Sabhara hingga pada 2012 lalu nekat menyewa tanah dan membeli mesin penggilinan.

“Pak Tis melihat semangat saya kemudian meminjami saya modal. Dengan modal itu dan tabungan pribadi, saya nekat menyewa tanah di sini dan sekaligus membeli mesin giling,” jelasnya. Pak Tis yang dimaksud Iwan adalah Kabag Ops Polres Pasuruan Kota Kompol Sutiswono yang sebelumnya menjabat sebagai Kasat Sabhara.

Pria asli Lamongan ini mengaku setiap minggu bisa kirim 5 ton biji plastik ke beberapa pabrik di Surabaya dan Gresik. Dengan jumlah tersebut, rata-rata omsetnya mencapai Rp 10 juta.

“Perjuangannya susah bisa tembus ke pabrik. Tapi Alhamdulillah berhasil,” tandasnya.

Dari awalnya mengumpulkan sedikit demi sedikit sampah, Iwan kini menerima pasokan sampah dari manapun. “Saya juga bekerjasama dengan bak-bank sampah,” pungkasnya. (fyd/fyd)

Program Ekonomi Satrya Emas Segera Diluncurkan

Brigadir Iwan Jadikan Janda dan Mantan Napi Sebagai Karyawan