Satrya Emas Mempercepat Pertumbuhan dan Penguatan Ekonomi Maslahat

0
64

irsyad dan sedap malamPasuruan (wartabromo) – Program inovatif untuk mempercepat penumbuhan dan penguatan ekonomi masyarakat Satrya Emas (Pusat Strategi dan Layanan Ekonomi Maslahat) segera dilaunching. Satrya Emas digagas dalam rangka mempercepat terwujudnya masyarakat Kabupaten Pasuruan yang Sejahtera dan Maslahat.

“Program ini sesuai amanat RPJMD Kabupaten Pasuruan Tahun 2013 – 2018 sebagaimana tertuang dalam Perda No. 16 Tahun 2013,” kata Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, Minggu (22/5/2016).

Bupati yang akrab disapa Gus Irsyad ini mengatakan Satrya Emas juga diatur melalui Peraturan Bupati Nomer 13 Tahun 2016 Tentang Pusat Strategi Dan Layanan Ekonomi Maslahat. Dalam PERBUP 13/2016 Satrya Emas didefinisikan sebagai suatu unit pelayanan kepada masyarakat untuk meninkatkan kualitas dan kuantitas SDM guna mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

“Program ini dimaksud kan untuk mengintegrasikan program dan kegiatan SKPD, peran serta masyarakat dan dunia usaha dalam rangka meningkatkan kesejahteraan  yang sekaligus  mendukung Fokus Pembangunan pada tahun ketiga (2016) pada RPJMD yaitu ‘Penyiapan Tenaga Kerja yang Handal Guna Mendukung Industri Kecil Menengah (IKM)’,” jelas Gus Irsyad.

Adapun tujuan program ini adalah (1) meningkatkan Sumberdaya Manusia di Kabupaten Pasuruan agar lebih berkualitas dan berdaya saing, (2) meningkatkan Kesempatan bekerja bagi masyarakat Kabupaten Pasuruan, (3) mengembangkan system pendukung, keunggulan kompetitif dan kualitas UMKM di Kabupaten Pasuruan.

Fungsi pokok program Satrya Emas untuk melayani dan pendampingan dalam rangka mendorong tumbuhnya wirausaha baru, penguatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), meningkatkan standarisasi produk, manajemen dan SDM UMKM, penciptaan lapangan kerja baru, meningkatkan kesempatan kerja bagi masyarakat, menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan, meningkatkan pendapatan masyarakat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Untuk mengoptimalkan pelaksanaan Satrya Emas, dibagi dalam 6 Wilayah Pelayanan (WP) yaitu WP Grati melayani masyarakat Kecamatan Grati, Nguling, Rejoso, Lumbang, Lekok; WP Gondangwetan melayani masyarakat Kecamatan Gondangwetan, Pasrepan, Puspo, Tosari, Winongan; WP Kejayan melayani wilayah Kejayan Kejayan, Pohjentrek, Kraton;  WP Purwosari melayani masyarakat Kecamatan Purwosari, Purwodadi, Sukorejo dan Tutur; WP Pandaan melayani masyarakat Kecamatan Pandaan, Prigen, Gempol, dan WP Bangil melayani masyarakat Kecamatan Bangil, Rembang, Wonorejo, Beji. (fyd/fyd)

Baca juga: (Program Ekonomi Satrya Emas Segera Diluncurkan)

(Klinik Ekonomi Satrya Emas Pangkas Ketergantungan pada Rentenir)