Tampilkan Batik Khas Tiap Kecamatan dan Produk Unggulan

0
5
Para camat tampilkan batik khas kecamatannya masing-masing. Foto Gesang A Subagyo/wartabromo

Pandaan (wartabromo) – Ajang launching Pusat Strategi dan Pelayanan Ekonomi Maslahat (Satrya Emas) Kabupaten Pasuruan dimanfaatkan untuk memamerkan produk unggulan UKM. Launching digelar di halaman Kantor Kecamatan Pandaan, Jumat (27/5/2016) malam.

Selain berbagai produk jajanan dan minuman olahan, produk batik khas tiap kecamatan dipamerkan dalam acara ini. Menariknya, para camat tampil sebagai peraga busana batik khas kecamatannya masing-masing.

Foto: Gesang A Subagyo/wartabromo

Satu persatu camat muncul sebagai model busana batik. Selain mengenakan batik, mereka juga mebawa serta istri atau pelaku UKM yang bertugas membawa hasil produk unggulan. Meski tampak canggung, para camat ini berusaha tampil maksimal. Gelagat malu-malu para camat ini menghibur peserta.

atik-batik yang ditampilkan antara lain, batik salwon dari Gondangwetan, batik durian dari Tutur, batik Keong dari Beji, dan masih banyak lagi. Sementara itu produk yang ditampilkan antara lain laying-layang dari Kejayan, bordir Bangil, bunga sedap malam Rambang dan masih banyak lagi.

Selain para camat, tampil juga para Yak-Yuk mengenakan busana border, hasil kerajinan tas hingga jaket.

DSC_1638“Produk-produk UKM ini yang harus dikembangkan Satrya Emas,” celetuk Bupati Irsyad juga tampil sebagai komentator dadakan.

Selain beberapa pertunjukkan di atas panggung, sejumlah stand UKM juga menyemarakkan launching.

Satrya Emas merupakan program inovatif untuk mempercepat penumbuhan dan penguatan ekonomi masyarakat yang digagas dalam rangka mempercepat terwujudnya masyarakat Kabupaten Pasuruan yang sejahtera dan maslahat. Sasaran program ini Usaha Mikro, Kecil dan Menengah serta masyarakat yang ingin merintis usaha.  Target Satrya Emas mengurangi pengangguran dan kemiskinan. (fyd/fyd)