Lestarikan Budaya Lokal, Pemprov Jatim Gelar Festival Kesenian Pantura

0
60

IMG_20160529_215849Pasuruan (wartabromo) – Sebanyak 14 daerah di pesisir utara Jawa Timur menyemarakkan Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) yang digelar di Kota Pasuruan, Minggu (29/5/2016).

Festival Kesenian pantura ini diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan tujuan membina dan mengembangkan budaya lokal agar terus lestari.

Festival yang dikemas dalam parade budaya ini menjadi ajang daerah-daerah pesisir menampilkan kekayaan budaya dan kesenian lokalnya. Meski terik menyengat, para peserta bersemangat menampilkan berbagai atraksi yang menghibur.

Beberapa atraksi yang ditampilkan antara lain kesenian Gelut Pentol yang mengisahkan kehidupan nelayan Tuban, kesenian Asapok Ombak yang menggambarkan mata pencaharian warganya yang setiap hari berada di tengah laut, tari boranan dari Lamongan dan masih banyak penampilan kesenian lokal dan atraksi budaya pesisir seperti larung sesaji sebagai wujud syukur pada Tuhan.

Warna-warni dan aneka rupa kostum yang dikenakan peserta menambah semarak acara.

“Tujuan festival untuk membina dan mengembangkan potensi budaya lokal agar terus lestari. Setiap daerah harus mengembangkan potensi kesenian dan budaya lokal yang dimilikinya masing-masing. Jika terus dikembangkan maka bisa menarik wisatawan,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Jarianto.

Parade dimulai dari depan Stadion Untung Suropati Kota Pasuruan dan berakhir di Gor Untung Suropati Kota Pasuruan. Acara menjadi hiburan tersendiri bagi warga. (fyd/fyd)