Bupati Pasuruan Ajak SKPD Urunan Dukung Khataman Al Qur’an

2643
Bupati Pasuruan, M Irsyad Yusuf bersama Pengasuh Suniyah Salafiyah, Habib Taufiq Assegaf seusai gelaran Khotmul Qur’an di Masjid Baitul Falah Purwosari. Foto : Warta Bromo/Harjo Suwon

Purwosari (wartabromo) – Ajakan untuk bersodaqoh dan berbuat amalan baik selama Ramadhan, dilakukan Bupati Pasuruan, M Irsyad Yusuf. Ajakan ditujukan kepada para pimpinan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) itu, untuk berpartisipasi membantu sumbangan Khotmul Qur’an berkeliling yang digelar jamaah Suniyah Salafiah.

“Karena adanya aturan dari pemerintah pusat, Pemkab Pasuruan tidak boleh secara rutin memberikan bantuan tiap tahun kepada lembaga-lembaga yang ada di masyarakat. Tapi untuk kegiatan seperti Khotmul Qur’an, kami tetap berpartisipasi. Saya ajak semua SKPD untuk urunan,” kata M Irsyad Yusuf, saat gelaran Khataman al Qur’an berkeliling di Masjid Baitul Falah Purwosari, Minggu (12/6/2016).

Menurut bupati yang akrab disapa Gus Irsyad ini, gelaran khataman Al Qur’an berkeliling dari jamaah Suniyah Salafiyah yang diasuh Habib A Taufiq Assegaf itu, merupakan aktivitas yang harus terus didukung dan dikembangkan. Karena dengan kegiatan seperti itu, dapat menjaga dan menjadi benteng moral masyarakat.

Baca Juga :   Tantang Duel TNI dan Banser, Salim Mubarok Attamimi Bikin Heboh Lagi

“Pemerintah dan masyarkat Kabupaten Pasuruan beruntung dengan majelis khotmul Qur’an seperti ini. Karena barokah dan sekaligus memberikan bimbingan kepada masyarakat. Makanya terus kami dukung,” imbuhnya.

Khotmul Qur’an berkeliling bagi ummat muslim di Pasuruan, merupakan tradisi yang sudah berlangsung lebih dari 60 tahun. Kegiatan dilangsungkan dari masjid ke masjid, musholla ke musholla ini, pertama kali dirintis oleh Habib Ja’far bin Syaikhon Assegaf bersama ulama lainnya.

Awalnya dilangsungkan sejak malam pertengahan Ramadhan. Tapi karena semakin banyak masjid maupun musholla dan para jamaahnya yang mengikuti, akhirnya dimajukan hingga malam kedelapan Ramadhan, yakni bertempat di Masjid Baitul Falah Purwosari yang sudah berlangsung untuk keenam kalinya. (hrj/hrj)