Wagub Jatim: Tanpa Ulama, Pemerintah Tak Mampu Menjaga Umat

1231

gus ipul dan sejumlah ulamaPurwosari (wartabromo) – Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengakui besarnya peran ulama mendidik dan mengarahkan umat. Gus Ipul tak meminta agar para ulama terus membantu pemerintah menjaga moralitas umat.

“Aparatur pemerintah yang terbatas tidak mungkin melakukannya sendirian,” kata Gus Ipul dalam sambutan di Majelis Khotmil Qur’an pimpinan Habib Taufiq Assegaf di Masjid Besar Al-Falah Purwosari, Minggu (12/6/2016) malam.

Menurut Gus Ipul banyak permasalahan umat yang ini tak bisa hanya diatasi dengan kekuasaan pemerintah. Maka dari itu, peran ulama sangat dominan.

“Tidak semua bisa diatasi dengan akal, dengan kekusaan pemerintah saja. Butuh pertolongan Allah. Dengan majelis ini kita berharap pertolongan Allah,” tandasnya.

Baca Juga :   Delapan Anggota Gafatar Asal Pasuruan Akan Dipulangkan

Selain Gus Ipul, hadir pula dalam majelis tersebut Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf (Gus Irsyad) selaku tuan rumah. Gus Irsyad menyampaikai terima kasih kepada para ulama yang hadir dan jamaah. Ia menyatakan komitmennya untuk mendukung para ulama dalam mengajarkan kebaikan pada umat melalui majelis-majelis keagamaan.

“Pemkab Pasuruan merasa mendapat banyak manfaat dari majelis-majelis seperti ini. Saya sampaikan terima kasih. Karena itu sudah sepatutnya pemerintah terus berpartisipasi, meski tidak setiap tahun, Pemkab menganggarkan dana untuk keberlangsungan majelis-majelis seperti ini,” katanya.

Majelis Khotmil Qur’an tersebut sudah ada sejak puluhan tahun silam. Majelis tersebut berkeliling sepanjang malam di bulan Ramadhan dari masjid ke masjid. Di Masjid Al-Falah, majelis ini sudah digelar sejak tahun 2011. (fyd/fyd)