Dinas Kelautan: Puluhan Paus Terdampar karena Mencari Perairan Dingin

1215

paus terdampar di probolinggoGending (wartabromo) – Puluhan ikan paus terdampar di perairan Desa Pesisir, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. Puluhan ikan raksasa perairan dalam tersebut sudah mulai tampak di perairan dangkal sejak pukul 12.00, Rabu (15/6/2016).

Kabid Pengelolaan Sumberdaya Kelautan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Probolinggo Wahid Noor Aziz mengatakan, kedatangan koloni paus di perairan Kabupaten Probolinggo ini diperkirakan karena perubahan suhu laut. Sehingga mamalia laut ini bergerak mencari perairan yang lebih dingin namun karena suatu kondisi, akhirnya terdampar.

“Kami berupaya untuk menghubungi Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Cabang Denpasar di Surabaya, guna penanganan selanjutnya,” katanya, di lokasi.

Beberapa mmalia besar yang terdampar tersebut akhirnya mati karena tidak mampu bertahan. Pihaknya pun berharap, agar masyarakat sekitar membantu penguburan mamalia raksasa tersebut karena karena jumlahnya cukup banyak.

Baca Juga :   Kasus PLUT-KUMKM Kota Pasuruan, KPK Panggil Ketua DPP LSM Penjara

Bobot ikan tersebut masing-masing sekira empat ton sementara panjang paus yang terdampar antara dua hingga lima meter. Diameter tubuh mulai dari satu meter hingga 1,5 meter.

Sekitar 25 ekor paus terdampar di Desa Pesisir Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo, Rabu (15/6/2016) siang.

Sejatinya, koloni paus itu sudah kembali ke tengah, namun ada satu ekor yang tertinggal sehingga koloni paus itu mendadak kembali ke tepian. Tapi karena air memasuki masa surut, maka makin banyak yang tersangkut. (saw/fyd)