14:00 - Senin, 16 Juli 2018
Kamis, 30 Juni 2016 | 23:09

Uang Tiket Penumpang Terlantar Akibat Banjir Pasuruan Dikembalikan

Foto: Sundari/wartabromo.com

Mayangan (wartabromo) – Musibah banjir di Pasuruan membuat perjalanan kereta api terganggu. Di Stasiun Probolinggo ada 6 perjalanan kereta yang melintas terpaksa dibatalkan perjalanannya. Pihak PT. Kereta Api Indonesia (KAI) pun mengembalikan biaya tiket yang telah dikeluarkan penumpang yang membatalkan perjalanannya.

Hingga Kamis (30/06/2016) sore, ratusan penumpang masih telantar di stasiun kereta api Kota Probolinggo. Banyak penumpang yang merasa kesal dengan ketidak-jelasan jadwal kereta api yang akan berangkat dari stasiun yang dikelola PT KAI DAOPS 9 Jember ini.

Penumpang yang sudah lebih dari 4 jam telantar, terlihat sedikit emosi ketika bertanya kepada petugas. Meski banjir yang terjadi di Pasuruan termasuk bencana alam yang tidak direncanakan, setidaknya PT KAI tidak menelantarkan ratusan penumpang. Mereka meminta bertanggung jawab terhadap keterlambatan itu, yakni dengan mengembalikan tiket yang telah dibeli oleh penumpang.

“Tak hanya mengembalikan tiket, KAI juga harua memfasilitasi kami ketika sampai di tempat tujuan. Kalau hanya kembali tiket, terus sampai di tujuan tidak angkutan, kan juga terkatung-katung alias terlantar lagi,” kata salah satu penumpang kereta api Ardani.

Saat ini sudah banyak penumpang yang sudah berganti ke moda transportasi lainnya, setelah PT KAI mengembalikan tiket yang telah dibayar. Tidak ada potongan uang, baik yang naik dari stasiun Banyuwangi maupun stasiun lainnya.

Kepala stasiun Kota Probolinggo Mawan Novianto mengatakan pihaknya sudah berinisiatif untuk mengembalikan tiket penumpang secara utuh. Tujuannya agar penumpang dapat melanjutkan perjalanan serta untuk mengatasi penumpukan penumpang.

“Ini murni inisiatif dari kami, supaya mereka berganti pada bus. Kami sudah hubungi pemilik bus supaya datang kesini, biar penumpang yang membayarnya sendiri kepada awak bus,” kata Mawan Novianto, kepala stasiun Kota Probolinggo.

Hingga saat ini, PT KAI DAOPS 9Jember belum dapat memastikan rel kereta api yang dilanda banjir di Pasuruan aman untuk dilewati kereta api. (saw/fyd)

Peluang Besar Peternakan Sapi Perah Kabupaten Pasuruan

Menentukan Cluster Wilayah Ternak Sapi