Digagas Sejak 1973, Proyek Air Umbulan Akhirnya Dimulai

949

Pasuruan (wartabromo) – Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, Kabupaten Pasuruan, akan segara direalisasikan. Penandatanganan Kontrak Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KKPBU) SPAM Umbulan ini akan dilaksanakan pada akhir Juli 2016.

“Keputusan diambil saat Rapat Koordinasi Kemajuan Proyek SPAM Umbulan yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, kemarin,” kata Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Kamis (14/7/2016).

Bupati Irsyad hadir dalam rapat koordinasi yang juga dihadiri Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Sofjan Djalil, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, perwakilan dari Kabupaten Gresik, Kotamadya Surabaya, Kotamadya Pasuruan dan Kabupaten Sidoarjo.

debit umbulanKKPBU SPAM Umbulan ini merupakan proyek pertama yang tersulit karena melibatkan banyak kabupaten/kota. Proyek penyediaan air Umbulan sudah digagas sejak 1973. Namun karena banyaknya kendala proyek ini akhirnya berlarut-larut dan baru akan dimulai.

Baca Juga :   Hindari Mobil, Trailer Ini Malah Sasak Musala

SPAM Umbulan melibatkan Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik dengan total nilai investasi sebesar Rp 2,05 triliun (di luar pengadaan tanah).

“Produksi SPAM Umbulan sebesar 4.000 liter/detik akan menjadi sumber air minum bagi kurang lebih 1,3 juta jiwa di 5 daerah,” pungkas Irsyad. (fyd/fyd)