Hindari Jalan Berlubang, Truk Sekam Terguling

676

Pakuniran (wartabromo) – Kecelakaan tunggal terjadi di jalan raya Glagah-Besuk, di Desa Glagah, Kecamatan Pakuniran, Sabtu (23/07/2016). Gara-gara menghindari jalan berlubang, sebuah truk diesel bermuatan sekam terguling.

Kejadian tersebut bermula saat truk dengan nopol N 8892 UN dikemudikan Syamsul Arifin, warga Desa Alas Kandang, Kecamatan Besuk, berjalan dari arah timur. Sewaktu tiba di lokasi, truk yang sarat muatan sekam menjulang ini, berusaha memilih jalan yang relatif mulus. Pasalnya, sepanjang jalan yang terletak di Dusun Nyato RT 9 RW 2 itu, kondisi jalan berlubang dan rusak parah.

“Tiba-tiba truk ini miring ke utara, saya berusaha untuk menahannya agar tidak roboh. Tapi akhirnya terguling juga,” kata Syamsul.

Baca Juga :   Tol Gempol-Rembang Ditargertkan Beroperasi Akhir 2014

Akibatnya muatan truk berupa sekam tumpah ke pinggir jalan. Meski begitu tidak ada korban jiwa akibat kecelakaan tunggal tersebut. Baik sopir maupun lima pekerja yakni Sukris, Ajir. Sandi, Al dan Munaji. “Sempat saya suruh untuk loncat,” ujarnya.

Akibat kejadian ini, arus lalulintas menjadi macet. Warga yang hendak melintas harus bergantian, karena jalan di sekitar tkp rusak parah. Mereka harus meliuk-liuk untuk mencari jalan yang bagus.

Menurut warga setempat Fatholla, jalan raya penghubung antar kecamatan itu sudah lama rusak. Oleh Pemkab Probolinggo hanya ditambal sulam saja, sehingga kerusakan tidak teratasi bahkan menjadi lebih parah.

“Sering terjadi kecelakaan disini, baik roda dua maupun roda empat, bahkan sampai ada yang meninggal. Kami minta pemerintah segera memperbaikinya secara total dengan kualitas yang baik, bukan hanya tambal sulam,” kata Fatholla. (saw/fyd)