Gunung Arjuno yang Selalu “Memanggil” Para Pendaki

1469

Prigen (wartabromo) – Gunung Arjuno memukau mereka yang gandrung akan keindahan alam. Meski medan berat dan membutuhkan fisik prima, mereka yang haus akan tantangan tak letih mendaki dan memuncaki gunung setinggi 3.339 meter di atas permukaan laut ini.

Kombinasi antara keindahan alam dan tantangan ini menjadi daya tarik tersendiri. Setiap hari gunung yang serangkaian dengan Ringgit-Welirang ini selalu ‘menerima’ para pendaki. Pada libur akhir pekan dan hari-hari besar, pendaki yang datang dari berbagai daerah mencapai ratusan.

Para pendaki gunung yang berada di bawah tanggungjawab Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo ini lebih banyak memilih pintu Tretes, Prigen, Pasuruan. Selain mudah dijangkau, juga akses jalan menuju pos izin yang memadai.

Baca Juga :   Gelapkan Motor, Buron Polisi Situbondo Ini Ditangkap di Kraksaan

“Kemarin lebih banyak yang datang dari hari ini,” kata petugas Tahura Raden Soeryo, Agus Budi Utomo, Minggu (24/7/2016).

Agus menyatakan cuaca di gunung belum stabil. Meski demikian, Tahura memilih tetap membuka jalur pendakian karena dianggap masih aman.

“Banyak juga yang tidak sampai ke puncak, hanya sampai pemondokan. Mereka hanya ingin menikmati keindahan alam,” pungkas Agus.

Maya, salah seorang pendaki mengaku sudah beberapa kali naik Arjuno. Meski begitu, ia tak bisa menolak saat ada kesempatan mendaki lagi.

“Bisa menikmati keindahan Arjuna dari puncak itu luar biasa banget meski harus susah payah,” ujarnya. (git/fyd)