Berburu Sunrise Ranu Regulo di Kaki Semeru

1974

Senduro (wartabromo) – Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang menawarkan sejuta keindahan alam. Tak heran, jika membuat jutaan wisatawan lokal dan manca negara tertarik dengan keindahan alam gunung tertinggi di pulau jawa ini. Di kaki gunung, wisatawan disambut keindahan sunrise dan keluarnya kabut dari air di Ranu Regulo.

Wisata Ranu Regulo terletak di lereng gunung Semeru di Desa Ranu Pani Kecamatan Senduro. Berjarak sekitar 4 kilometer, sebelum puncak gunung Semeru dan dikelola oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Dari pos TNBTS, wisatawan cukup dengan berjalan kaki sejauh 500 meter ke arah barat wisatawan dapat menemukan Ranu Regulo. Jika beruntung, wisatawan bisa melihat keindahan sunrise  yang dipadu air jernih mengeluarkan warna orange akibat pancaran sinar matahari yang di selimuti kabut.

Baca Juga :   Ikut 'Sambang Bayi' bareng Hasani

ranu reguloUntuk menikmati keindahan sunrise, wisatawan bisa mendirikan tenda di tepi danau untuk bermalam. Tentunya, jangan lupa membawa perlengkapan penghangat tubuh, karena suhu udara sangatlah dingin.

“Disini kami dapat menikmati keindahan alam dengan berkemping menunggu sunrise.  Serta mampu mengobati rasa jenuh saat berada di kota yang penuh dengan polusi udara dari asap kendaraan dan sengatan terik matahari,” ujar Diego Sebastian, pecinta traveller.

Keindahan wisata alam ini, dapat diabadikan dengan lensa kamera. Panorama sunrise dan berubahnya warna air danau menjadi warna orange, akibat pancaran sinar matahari terbit sangat sayangkan untuk dilewatkan.

“Di tepi ranu juga terdapat padang bunga lavender. Hamparan warna ungu bunga liar ini yang jarang ditemui di tempat wisata lainya sangatlah mempesona mata pengunjung,” kata Nur Halimah, salah satu wisatawan yang berkunjung di Ranu Regulo.

Baca Juga :   KUA di Pasuruan Tidak Layani Pernikahan di Luar Jam Kerja

Tak heran jika keindahan ranu dengan ketinggian 2.100 mpdl ini, mampu menyedot wisatawan dari luar kota hingga manca negara. (saw/yog)