Segera Dilaksanakan, Begini Tehnis Wajib Madin Bagi Siswa Pasuruan

811

Pasuruan (wartabromo) – Wajib Madrasah Diniyah (Madin) bagi pelajar SD dan SMP muslim di Kabupaten Pasuruan tahun ajaran 2016/2017 siap dilaksanakan. Begini tehnis pelaksanaannya.

“Pelaksanaan wajib madin sendiri tidak dilakukan di sekolah, melainkan di madrasah diniyah yang lokasinya dekat dengan rumah masing-masing siswa,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Iswahyudi, Selasa (9/8/2016).

Menurut Iswahyudi, hal itu dilakukan untuk mempermudah akses transportasi, serta memudahkan para orang tua untuk mengawasi kegiatan wajib madin putra-putrinya.

“Orang tua juga memiliki tugas atau peran dalam pelaksanaan wajib madin ini, yakni mengawasi sekaligus memberikan motivasi kepada anak agar betul-betul total atau serius mengikuti setiap ajaran yang diberikan dalam pelaksanaan wajib madin ini,” harapnya.

Baca Juga :   4 Siswa Madrasah di Pasuruan Keracunan

Ia yakin wajib madin akan memberikan banyak manfaat. Dengan memahami agama sejak dini akan menjadi bekal untuk karirnya di masa depan.

Saat ini sudah 1439 Madrasah Diniyah di Kabupaten Pasuruan, siap menjadi tempat pelaksanaan Wajib Madin. Jumlah madrasah diniyah tersebut yang tercatat di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan, dan diperkirakan akan mampu menampung semua pelajar SD dan SMP sederajat yang wajib madin tahun ini. (fyd/fyd)