Cuaca Buruk, Syahbandar Pasuruan Terus Imbau Nelayan Tak Melaut

726

Pasuruan(wartabromo) – Syahbandar Pelabuhan Kota Pasuruan terus mensosialisasikan cuaca buruk tengah melanda Laut Jawa kepada para nelayan. Meski demikian, para nelayan tetap banyak yang masih melaut.

Supono, salah seorang Syahbandar mengatakan pihaknya memberikan informasi cuaca dan kondisi laut kepada para nelayan yang akan berlayar sesuai data yang dikeluarkan BMKG. Sosialisasi dilakukan tidak saja kepada nelayan yang akan mengurus Surat Perintah Berlayar (SPB), tetapi juga kepada para pemilik kapal.

“Kita sudah menyampaikan kondisi cuaca di laut kepada para nelayan yang akan berangkat. Pemilik kapal juga kita kabari,” terang Supono.

Meski demikian, pihaknya tidak punya kewenangan mencegah nelayan melaut. “Nelayan itu lebih tahu tentang cuaca di laut. Kalau kita kan mengacu pada prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG,” tandas Supono.

Baca Juga :   Dukung Gus Ipul-Anas, Kyai Kampung Bakal Bangun Posko Pemenangan di Pelosok Jawa Timur

Pantauan wartabromo.com di pelabuhan, banyak perahu nelayan yang bersandar. Jaring-jaring ikan juga terlihat menumpuk berjajar di tepi pelabuhan.

“Bukan saja dipengaruhi cuaca buruk yang terjadi saat ini. Cuaca terang munculnya rembulan saat malam hari juga mempengaruhi pendapatan ikan bagi para nelayan,” jelas Supono.

Dari prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG pada hari Kamis (11/8/2016), ketinggian gelombang di Laut Jawa berkisar 2.50 – 4.0 meter. (git/fyd)