Warga Dusun Ngayunan Beji Gelar Upacara Detik – Detik Proklamasi

1524

Beji (wartabromo) – Puluhan warga Dusun Ngayunan Desa Kedungringin Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan agaknya tak ingin melewati hari yang paling sakral bagi bangsa Indonesia yakni peringatan detik detik proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus, Rabu (17/8/2016) hari ini.

Warga Dusun Ngayunan itu menggelar upacara bendera di salah satu tanah lapang di dusun setempat dengan pakaian keseharian. Bahkan, sejumlah warga yang sehari – hari berprofesi sebagai pedagang keliling pun tak mau ketinggalan untuk berbaris rapi. Para petani menggenakan caping penutup kepala sementara ibu – ibu berpakaian kebaya yang biasa sehari – hari dikenakannya.

“Ini merupakan bentuk rasa syukur kita akan kemerdekaan. Meski kita warga biasa tapi kita tak ingin melewatinya begitu saja, ” kata Henry Sulfianto, warga setempat penuh semangat sambil menunggu persiapan upacara.

Baca Juga :   Gembong Pil Koplo Probolinggo Ditangkap Polisi

UpacaraSama halnya dengan upacara resmi pada umumnya, upacara bendera ala warga itu juga lengkap dengan pengibaran bendera, pembacaan teks Pancasila dan juga teks Proklamasi yang dibacakan oleh perwakilan pemuda setempat.

Meski tak berseragam, namun upacara bendera tersebut dipastikan tetap berlangsung secara tertib dan khusuk.

Sejumlah warga yang tidak terlibat sebagai petugas dan peserta upacara tampak menyaksikan secara langsung dari teras – teras rumah persiapa. kegiatan upacara tersebut.

Selain mengadakan upacara bendera dalam rangka peringatan detik – detik proklamasi. Warga Dusun juga menggelar berbagai lomba Agustusan yang diikuti oleh perwakilan masing – masing RT setempat. Merdekaa! (yog/yog)