Dinas Peternakan Lumajang Intensif Periksa Kesehatan Hewan Kurban

983

Lumajang (wartarbomo) – Menjelang hari raya Idul Adha, petugas Dinas Peternakan Kabupaten Lumajang melakukan pemeriksaan hewan kurban di sejumlah stand penjualan hewan kurban. Dari hasil pemeriksaan, petugas menemukan sejumlah hewan kurban yang mengalami sakit mata, tidak poel dan tanduk patah.

IMG_20160902_221909Sejumlah petugas Dinas Peternakan langsung memeriksa stand penjualan hewan kurban yang berada di jalan Ahmad Yani Kota Lumajang. Dari hasil pemeriksaan, petugas menemukan kambing yang dijual untuk kurban terkena penyakit mata, tanduknya patah dan tidak poel.

“Kami menemukan beberapa kambing yang terkena penyakit . Terhadap hewan yang berpenyakit langsung kami berikan obat mata kepada kambing tersebut. Serta menyemprotkan obat kepada kambing yang mengalami luka akibat tanduknya patah,” ujar drh. Dony, petugas dari Dinas Peternakan Kabupaten Lumajang, Jumat (2/9/2016).

Baca Juga :   Tanpa Prabowo, Sandiaga Kampanye Akbar di Lumajang

Usai melakukan pengobatan, petugas memberikan obat mata kepada penjual kambing. Tujuannya agar kambing yang mengalami sakit mata segera diobati sendiri. Sehingg kambing tersebut memenuhi syarat untuk dijadikannya hewan kurban saat hara raya Idul Adha.

Tak hanya penjual di jalan Ahmad Yani saja yang menjadi sasaran pemeriksaan. Petugas juga melakukan pemeriksaan di stand penjualan hewan yang berada di jalan Daging Sari Kota Lumajang. Di stand penjualan hewan kurban tersebut, petugas menemukan sejumlah kambing yang masih belum poel dan mengalami sakit mata.

“Dinas Peternakan akan terus melakukan pemeriksaan hewan kurban pada puluhan stand penjualan hewan kurban. Sehingga konsumen bisa merasakan nyaman dalam mengkonsumsi daging hewan kurban,” katanya lebih lanjut.

Baca Juga :   Enggan Dibui, Petani Garam Wadul Polisi

Petugas menghimbau kepada masyarakat, agar teliti dalam memilih hewan kurban dan tidak terpancing dengan harga yang murah. (saw/fyd)