Embung Kalisat Diharapkan Perluas Lahan Pertanian di Rembang

1494

Rembang (wartabromo) – Embung Kalisat di Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan diresmikan. Embung seluas 7,5 hektare yang mampu menampung 250.000 meter kubik (m3) air ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan air warga terutama irigasi.

Embung diresmikan Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Minggu (18/9/2016). Peresmian dihadiri puluhan petani, warga, tokoh masyarakat dan pejabat terkait. Turut hadir Wakil Bupati Riang Kulup Prayudha, Sekretaris Daerah Agus Setiadji dan Kepala Dinas Pengairan Hanung W Sasangka.

“Anggaran pembangunan fisik embung dari dana APBN, sementara APBD Kabupaten Pasuruan untuk pembebasan lahan,” kata Hanung.

Hanung menjelaskan, pembangunan embung diharapkan untuk pemenuhan kebutuhan air baku warga, terutama untuk lahan pertanian. Saat hujan turun, air bisa dihimpun dan disimpan, sebagai cadangan saat musim kemarau. “Otomatis mengurangi resiko banjir,” sebutnya.

Baca Juga :   Bekas Galian Pipa PDAM di Beji Ini Berbahaya, Pemotor Sering Jatuh

Bupati Irsyad berharap, dengan adanya embung, lahan pertanian mendapat pasokan air yang memadahi terutama saat musim kemarau. Wilayah tersebut selama ini kesulitan air saat kemarau panjang.

“Harapnnya akan semakin banyak warga membuka lahan pertanian,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Irsyad juga mengapresiasi warga yang rela menjual tanahnya untuk dibangun embung. Ia berharap, warga di wilayah lain juga memiliki sikap serupa untuk mempercepat pembangunan.

Meski belum terisi banyak air, selama ini sejumlah petani memanfaatkan embung untuk mengairi tanaman. Mereka memompa air kemudian dialirkan ke sawah sawah. (fyd/fyd)