Kronologi Kecelakaan Beruntun di Patung Sapi, Disebabkan Kontainer Hilang Kendali

0
333

Pandaan (wartabromo) – Kecelakaan beruntun melibatkan 6 kendaraan terjadi di jalur Malang-Surabaya tepatnya di Jalan Raya Desa Tawangrejo, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (1/10/2016).

Kecelakaan yang terjadi sekira pukul 09.30 WIB tersebut melibatkan truk kontainer nopol S-8426-UP, truk Diesel N-8482-TD, mobil pribadi Suzuki Carry bernopol W-659-NE, Kendaraan Suzuki Smash L-3494-NU, kendaraan Honda Vario N-4338-TAY serta mobil Toyota Avanza yang tidak diketahui nopolnya.

Kanitlantas Polsek Pandaan, AKP Sukiyanto saat dikonfirmasi di lokasi kejadian menuturkan, kecelakaan berawal dari truk kontainer tanpa muatan yang dikemudikan Sidik Purwanto (57), warga Desa Wonoayu, Kecamatan Kepuhanyar, Kabupaten Mojokerto, mengalami hilang kendali saat berjalan dari arah Malang menuju ke Surabaya.

“Sesampainya di lokasi kejadian, sopir tidak bisa mengendalikan laju truk, sementara kendaraan di depannya berhenti karena nyala lampu merah,” terang AKP Sukiyanto.

Truk kontainer lalu menabrak truk diesel di depannya. Truk diesel yang dikemudikan Achad Achmad (42), warga Dayurejo, Kecamatan Prigen, menabrak sepeda motor di depanya. Beruntung, pengendara motor, Anto (34), warga Desa Tanjung Arum, Kecamatan Sukorejo, selamat meski motornya ringsek.

“Tak cukup di situ, truk diesel juga menabrak Suzuki Carry yang dikemudikan Mahmud (51), warga Desa Lemahbang, Kecamatan Sukorejo,” terang Sukiyanto.

Setelah menabrak mobil Carry, selanjutnya truk Diesel terguling mengakibatkan muatan kayu tumpah di jalan dan mengenai mobil Avanza. Sementara, motor Vario yang dikendarai Putri Riskiyah (27), warga Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan yang berjalan dari arah Plumbon (pasar Pandaan) juga rusak parah tertabrak kontainer.

“Jadi setelah menabrak truk diesel, kintainer banting stir ke kanan dan menabrak Vario,” lanjut Sukiyanto.

Dalam kejadian ini, satu orang mengalami luka parah, yakni pengemudi truk kontainer karena kaki kanan terjepit dan dirawat di Puskesmas Pandaan.

Badan truk kontainer yang melintang di lajur Surabaya-Malang serta kayu muatan truk diesel yang tumpah di jalan menyebabkan arus lalu lintas dari kedua arah macet.

Seluruh kendaraan yang terlibat kecelakaan diamankan di pos lantas Pandaan, kecuali mobil Avanza, yang langsung pergi dan tidak menuntut ganti rugi. (git/fyd)