Rombongan Kirab Resolusi Jihad 2016 Singgah di Pasuruan

0
1

Pasuruan (wartabromo) – Rombongan Kirab Resolusi Jihad 2016 tiba di Pasuruan setelah sebelumya dilepas Wakil Ketua Umum PBNU Saifullah Yusuf dari titik keberangkatan awal di Banyuwangi. Sebelum tiba di Pasuruan, rombongan ini juga singgah di Situbondo dan Probolinggo.

laskar kirab resolusi jihad tiba di pasuruan 2Ke-80 peserta kirab yang merupakan perwakilan dari seluruh lembaga dan badan otonom di bawah PBNU ini tiba di Alun-alun Kota Pasuruan, pukul 11.00 WIB, Jumat (14/10/2016).

Begitu sampai, rombongan kemudian melaksanakan solat Jumat di Masjid Agung An Anwar dan berziarah ke makam KH Abdul Hamid bin Abdulloh Umar.

Upacara penyambutan rombongan berlangsung hidmad. Selain disambut barisan anggota Banser juga kesenian hadrah dari Ikatan Seni Hadrah Indonesia (Ishari) Pasuruan. Lantunan sholawat dan tabuhan terbang ratusan anggota Ishari terus membahana.

Hadir dalam penyambutan ini Wali Kota Pasuruan Setiyono, Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan Agus Setiadji, perwakilan PWNU Jawa Timur Misbahul Munir serta para ulama NU serta Pengurus PCNU Kabupaten Pasuruan, PCNU Bangil dan PCNU Kota Pasuruan. Sejumlah pejabat Pemkab dan Pemkot Pasuruan juga tampak hadir.

Penyambutan ditandai dengan penyerahan bendera Merah Putih pada Setiyono, bendera Nahdlatul Ulama pada Agus Setiadji dan pataka kepada Misbahul Munir.

Dalam sambutannya mewakli Bupati Irsyad Yusuf, Sekda Agus Setiadji, mengatakan kirab resolusi jihad merupakan upaya menghargai jasa para ulama dan santri dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kemerdekaan Indonesia bukan pemberian penjajah, tapi merupakan buah dari perjuangan bangsa yang termasuk di dalamnya para ulama dan santri,” kata Agus Setiadji.

Agus juga menyampaikan salam hormat dari Bupati Irsyad karena berhalangan hadir. “Bapak Bupati Gus Irsyad Yusuf menyampaikan terima kasih serta rasa bangga atas kedatangan rombongan kirab,” katanya.

Rombongan Kirab Resolusi Jihad kemudian meneruskan perjalan ke Malang. Rencananya dari Malang akan singgah di sejumlah kota hingga rombongan mengikuti Upacara Hari Santri di Lapangan Banteng Jakarta Pusat, Sabtu 22 Oktober 2016 mendatang. (fyd/fyd)