Bayi Laki-laki Masih Merah Ditemukan di Dekat Tempat Sampah

0
69
Foto: Sundari AW

Wonoasih (wartabromo) – Warga Jalan Sunan Ampel, RT1/RW10, Kelurahan Jrebeng Kidul, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo, gempar, Selasa (18/20/2016). Sosok bayi laki-laki masih merah diperkirakan berumur sekitar tiga hari ditemukan Muhammad Risqon di dekat tempat pembuangan sampah (TPS).

IMG_20161018_174102Menurut Risqon, saat itu dirinya hendak pulang di kantor tempat kerjanya. Sesampai di jalan Gubernur Suryo, tepatnya di depan tempat pembuangan sementara (TPS) Ungup-ungup, laju motornya dikagetkan oleh tangisan bayi.

Karena merasa letaknya sangat dekat, karyawan swasta salah satu swalayan inipun berusaha berhenti dan mencari sumber suara. Tatapannya kemudian tertuju pada kotak kardus bekas air mineral. Dugaannya benar, di dalam kardus tersebut, ada sesosok bayi mungil yang amsih merah. Dengan sigap, ia pun berusaha mengambilnya.

“Tapi sebelum mengambil, saya coba telepon ibu saya (Khoiriyah) dahulu. Mengatakan kalau saya menemukan bayi. Oleh ibu, disuruh pulang, kalau memang itu bayi,” kata Risqon.

Selanjutnya, dengan mengemudi motor tangan satu, pemuda ini membawa pulang bayi temuannya. “sesampai dirumah, langsung ramai, banyak tetangga yang melihat. Anaknya juga sangat tampan dan lucu,” sahut Khoiriyah, ibu Risqon.

Kabar penemuan bayi itu kemudian dilaporkan juga ke pihak berwajib. Tak lama berselang, anggota Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (UPPA) Polresta Probolinggo, mendatangi lokasi. Bayi mungil itu kemudian dibawa ke rumah sakit, untuk mendapat perawatan medis. Hal ini dilakukan, agar kesehatan bayi dapat terjamin dan bisa tetap bertahan hidup.

Kasatreskrim Polresta Probolinggo, AKP Suwancoko mengatakan, pihaknya akan mengamankan bayi temuan tersebut. “Kami amankan dulu di rumah sakit, memeriksa saksi, dan mengumpulkan keterangan,” ujarnya.

Disinggung soal kemungkinan bayi tersebut adalah anak hasil hubungan gelap di luar nikah, Suwancoko belum bisa memastikannya. “Intinya masih kami dalami dahulu. Apakah ada arah ke sana, itu nanti setelah ada bukti-bukti hasil penyelidikan,” pungkasnya. (saw/fyd)