Besok Malam, Nahdliyyin Se Nusantara Akan Baca Sholawat Nariyah 1 Miliar

0
2

Pasuruan (wartabromo) – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengintruksikan kepada para Nahdliyyin se Nusantara dari Sabang sampai Merauke untuk membaca sholawat Nariyah di malam jelang peringatan hari santri, Sabtu (22/10/2016).

Pembacaan sholawat Nariyah tersebut akan dibaca secara serentak di tempat berbeda dan waktu hampir bersamaan yakni pada malam jelang peringatan hari santri baik di Mushollah maupun Masjid di Indonesia.

Di Pasuruan, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama setempat akan melakukan pembacaan sholawat Nariyah di Kantor NU setempat sekitar pukul 19.00 WIB selain juga mengintruksikan kepada semua MWC dan Ranting menggelar kegiatan yang sama.

Dikutip dari laman nu.or.id, Sekretaris Jenderal PBNU H Helmy Faishal Zaini mengatakan, Shalawat Nariyah adalah amalan yang diijazahkan oleh para ulama masyhur di NU. Biasanya dalam ijazah dari para kiai harus membaca 4444 kali.

“Shalawat Nariyah adalah untuk menghilangkan rasa dendam anak bangsa ini,” katanya.

Berdasarkan pantauan wartabromo, instruksi gerakan pembacaan sholawat Nariyah sudah menyebar ke berbagai kampung melalui jam’iyah – jam’iyah pengajian maupun tahlil.

Pembacaan sholawat Nariyah 1 Milyar sendiri merupakan rangkaian peringatan hari santri. Di Kabupaten Pasuruan, pelaksanaan hari santri akan dipusatkan di lapangan R Soedarsono Pogar Bangil melalui kegiatan Apel santri pada tanggal 22 Oktober 2016. (yog/yog)