Pemkot Pasuruan Siapkan Rencana ‘Redam’ Banjir Musiman

0
29
Terminal Blandongan masih terendam banjir.

Pasuruan (wartabromo) – Banjir di Kota Pasuruan sudah berlangsung selama puluhan tahun, dari tahun 1970-an hingga saat ini. Banjir di musim penghujan mengangu perekonomian dan aktivitas sosial.

Pemerintah Kota Pasuruan tengah membuat disain dan perencanaan khusus untuk mengatasi banjir musiman tersebut.

“Harus punya desain tersendiri untuk atasi banjir itu. Karena Kota Pasuruan berada di kawasan yang berdekatan dengan pantai dan terdapat empat sungai yang bermuara,” kata Walikota Pasuruan, Setiyono, Senin (24/10/2016).

Diterangkannya, letak Kota Pasuruan yang berada di kawan pinggiran pantai serta keberadaan empat muara sungai besar membuat banjir susah dicegah. “Makanya harus ada desain dan rencana yang mapan mengatasi banjir,” ulasnya.

Salah satu perencanaan yang harus dibuat itu adalah saluran drainase yang memadai serta kawasan resapan yang tertata. Tidak ketinggalan penanganan sungai secara khusus, baik dengan pembuatan kolam retensi maupun normalisasi sungai secara rutin.

“Karena sungai-sungai besar itu kewenangan provinsi maka kita akan koordinasi dengan provinsi untuk normalisasi,” tandasnya. (fyd/fyd)