Jaring Talenta Muda Lewat Turnamen Sepakbola Piala Bupati

0
71

Bangil (wartabromo) – Untuk mencari bibit pesepakbola turnamen sepakbola pelajar Piala Bupati kembali digelar. Lewat turnamen ini diharapkan muncul talenta muda punggawa Persekabpas.

IMG_20161025_200626“Tujuan Piala Bupati ini mencari bibit pemain muda, sebagai upaya regenerasi. Harapannya nanti bisa jadi pemain Persekabpas,” kata ketua panitia penyelenggara, Iswahyudi, saat pembukaan turnamen di Stadion Pogar, Bangil, Selasa (25/10/2016).

Turnamen ini diikuti perwakilan dari 24 UPT pendidikan di Kabupaten Pasuruan. Turnamen dibagi dalam tiga kategori antara lain kategori tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA sederajat.

Iswahyudi yang juga Kepala Dinas Pendidikan ini menyatakan Piala Bupati kali ini merupakan yang ketiga. Turnamen ini usulan Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf selain upaya pembinaan sejak dini juga diharapkan sebagai ajang mencari talenta muda.

“Turnamen ini berlangsung selama sebulan,” jelas pria yang juga Ketua PSSI Kabupaten Pasuruan ini.

Pembukaan turnamen ditandai pertandingan antara UPT Rembang dan UPT Kraton. Pertandingan pembuka ini disaksikan ratusan penonton yang sebagian besar pelajar.

Ada puluhan tim yang berlaga dalam turnamen ini, yakni tingkat SD//MI sebanyak 22 tim, tingkat SMP/MTS 45 tim dan tingkat SMA/Madrasah Aliyah sebanyak 38 tim.

“Selain kompetisi sepakbola, dalam waktu bersamaan juga kita gelar Pekan Olah Raga (POR) SD dan Pekan Seni Pelajar,” ungkap Iswahyudi.

POR SD mempertandingkan cabang bola voli, tenis meja, renang, silat bulu tangkis, sepak takraw dan atletik. Sedangkan dalam Pekan Seni Pelajar dikompetisikan seni tari, lukis, puisi dan lainnya.

“Saya harap para pemaian yang terlibat menjaga sportifitas, para juri juga adil dan jujur,” pungkas Iswahyudi. (fyd/fyd)