Donorkan Darahnya Hingga 100 Kali, 10.969 Orang Dapat Penghargaan dari Bupati

0
33

Pasuruan (wartabromo) – Sebanyak 10.969 pendonor darah yang kerap menyumbangkan darahnya mendapatkan apresiasi dengan menerima penghargaan dari Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, Rabu (26/10/2016).

Mereka dinyatakan berhak menerima penghargaan lantaran kerap menyumbangkan darahnya untuk kepentingan kemanusiaan setelah rata – rata mendonorkan darahnya sebanyak 50 sampai 100 kali.

“Pendonor ini merupakan pahlawan kemanusiaan saya mengucapkan banyak terima kasih, “ kata Irsyad Yusuf usai melantik para pengurus Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Kabupaten Pasuruan, di Pendopo Pasuruan, Rabu (26/10/2016).

Berdasarkan data yang didapatkan dari pihak PDDI, Kabupaten Pasuruan mampu memproduksi 40.000 kantong darah setiap tahunnya. Sementara kebutuhan darah hanya sekitar 10.000 kantong per tahun.

Ketua PMI Jatim, Arif Afandi yang hadir dalam pelantikan tersebut menyatakan, selama ini Jawa Timur memang selalu menjadi propinsi terbaik yang mampu memberikan sumbangsi donor paling banyak di Indonesia.

“Jumlah pendonor di Jatim 100 kali paling banyak daripada daerah lain di Indonesia. Kami sering mengirim kantong darah ke propinsi lain seperti Sumatra, ” kata Arif. (yog/yog)