Setahun, PMI Pasuruan Kumpulkan 40.000 Kantong Darah

0
32

Pasuruan (wartabromo) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasuruan mencatat terdapat 10.969 pendonor tetap. Dengan jumlah tersebut produksi darah mencapai 40.000 kantong.

“Kapasitas produksi darah kita mencapai 40.000 kantong sementara kebutuhan darah di Kabupaten Pasuruan sekitar 10.000 kantong,” kata Sekretaris PMI Kabupaten Pasuruan, Wiwik Winarningsih saat pelatikan Pengurus Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Kabupaten Pasuruan di Pendopo Nyawiji Ngesthi Wenganing Gusti, Rabu (26/10/2016).

Wiwik menyebut, Kabupaten Pasuruan mampu membantu kebutuhan darah di daerah lain.

“Kami terus berupaya menambah para pendonor tetap ini,” jelasnya.

Pengurus PDDI Kabupaten Pasuruan ini dilantik Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf. Sebanyak 400 anggota hadir dalam pelantikan tersebut.

“PDDI ini mitra PMI. Ini organisasi mulia karena darah ini tak ada pabriknya jadi harus ada orang yang donor,” jelasnya.

Sementara Bupati Irsyad mengungkapkan rasa terima kasih pada para pendonor. Dalam kesempatan tersebut, ia memberikan penghargaan pada perwakilan anggota PDDI yang sudah mendonorkan darah sebanyak 50 hingga 100 kali.

“Para pendonor darah merupakan pahlawan kemanusiaan,” katanya.

Pemkab Pasuruan, sebutnya, akan terus mendukung PMI dan PDDI. “Pemkab sudah bangun kantor baru untuk PMI. Semoga bermanfaat. Biarlah pemerintah sebagai pendonor dana,” tegasnya. (fyd/fyd)