16:19 - Selasa, 17 Juli 2018
Kamis, 27 Oktober 2016 | 16:56

Dari Grati, Pusat Penelitian Sapi Potong Ini Sebarkan Ilmu ke Penjuru Tanah Air

Grati (wartabromo) – Tidak banyak yang tahu di Desa Gratitunon, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, terdapat Pusat Penelitian Sapi Potong berskala nasional. Hasil penelitian dari tempat ini dimanfaatkan sejumlah daerah yang mengembangkan peternakan sapi potong.

sapi potong 2Lembaga di bawah Balitbang Kementan ini memiliki sejumlah fasilitas penelitian lengkap berstandar nasional seperti laboratorium, kebun percobaan, kandang percobaan hingga perpustakaan.

“Hasil penelitian dari sini dipakai di seluruh Indonesia,” kata Sugiyane, Kepala Kandang dan Kebun Percobaan, saat berbincang dengan wartawan, Kamis (27/10/2016).

Pusat penelitian tersebut memiliki 1.200 ekor sapi terdiri dari 6 spesies, antara lain sapi PO, Galek’an, Jabres, Masuda, Bali hingga Rambon.

Sapi-sapi tersebut ditempatkan di belasan kandang terpisah sesuai spesies dan umur. Penempatan sapi juga bergantung pada kepentingan penelitian.

Sambil mengajak wartawan berkeliling ke kandang-kandang melihat-lihat sapi, Sugiyane mengatakan, penelitaian yang dilakukan di tempat ini mulai dari persilangan, pakan, hingga kotoran dan semua yang berhubungan dengan sapi potong.

“Tupoksi kami melakukan penelitian, mengahasilkan tehnologi peternakan sapi potong yang akan diterapkan di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Menurut Sugiyane, lembaga penelitian tersebut sudah bekerja sama dengan sejumnlah daerah yang ingin mengembangkan peternakan sapi potong.

“Kami juga kerja sama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan,” pungkasnya. (fyd/fyd)

Berkunjung ke Maslahat Expo Cuma Jalan-jalan Aja

PN Bangil Minta Pemilik Lahan Tol Gempol – Rembang Ambil Ganti Rugi