BMKG: Waspadai Petir Selama Desember

769

Pasuruan (wartabromo) – Intensitas petir di wilayah Jawa Timur dalam beberapa hari terakhir cenderung tinggi. Bererdasarkan pantauan Badan Meteorologi Dan Geofisika Pandaan Pasuruan Jawa Timur, intensitas petir akibat dari awan komulonimbus diprediksi akan terus terjadi di sejumlah kota di Jawa Timur dalam beberapa hari mendatang.

Berdasarkan data yang terlacak dari peralatan Stasiun Geofisika Pandaan Pasuruan Jawa Timur, terdeteksi sejumlah wilayah yang cenderung meningkat aktifitas petir yang cukup tinggi, seperti wilayah Malang, Mojokerto, Surabaya dan Madura.

Data yang terpantau dari lighting detector atau alat pendeteksi petir, intensitas petir baik kilatan hingga petir yang menyambar terpantau setiap detik hingga menit.

Untuk itu pihak BMKG menghimbau agar masayrakat senantiasa waspada dan ekstra hati-hati ketika melihat gumpalan awan komulonimbus yang berciri awan mengumpal menjulang vertikal dan berwarna kehitaman, hendaknya waspada karena kecenderungan petir dan kilat akan terjadi.

Baca Juga :   Crosser Dalam dan Luar Negeri Berebut Piala Bupati Pasuruan ke-5

“Prediksi terjadinya petir akan cenderung terjadi dalam bulan ini hingga Desember mendatang,” kata Kepala Seksi Observasi Dan Informasi Bmkg Kelas Dua Tretes Kabupaten Pasuruan, Dibyo Susanto, Jumat (2/12/2016).

Pihaknya menghimbau agar ketika terjadi petir agar masyrakat segera menghentikan aktifitas yang dilakukan di lapangan terbuka dan segera mencari tempat yang aman seperti di dalam gedung dan menghindari tanah lapang. “Untuk menghidari hal yang tak diinginkan,” tandasnya. (fyd/fyd)