Truk Trailer Angkut Mobil Baru Nyangkut di Perlintasan Kereta Api

3948

Mayangan (wartabromo) – Sebuah truk trailer pengangkut mobil tersangkut di perlintasan rel kereta api di Jalan Basuki Rahmad, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Minggu. (4/12/2016) pagi.

Selain memacetkan arus lalulintas, perjalanan kereta api Probowangi dari Surabaya ke Banyuwangi terhambat.

Truk bernopol B 9570 UU yang dikemudikan Toni Sakum(41), warga Rawa Pasung, Kecamatan Kalibaru, Bekasi, ini bermuatan 6 unit mobil merk Toyota.

Rencananya, mobil-mobil tersebut akan dikirim dari Jakarta menuju ke sebuah diler di Banyuwangi. Namun, ketika sampai dan tidak akan melintasi rel kereta api di jalan Basuki Rahmad itu, bodi truk nyangkut.

“Bodi truk bagian tengah nyangkut, pas disekitar sambungan atau belakang roda truk. Sisi barat jalan sangat rendah begitu juga bagian timur, sehingga nyangkut padahal ketinggian bodi truk ke aspal sekitar satu meter,” ujar Toni.

Baca Juga :   Sholat Malam di Ponpes Ngalah, Berburu Berkah Lailatul Qadar

Badan truk yang cukup besar menutupi badan jalan, akibatnya arus lalulintas di jalan itu macet. Tak hanya itu, perjalanan kereta api Probowangi dari Surabaya ke Banyuwangi pun terganggu.

Kereta yang sedianya melintasi rel pada pukul 6:40, terpaksa hari berhenti dan parkir di stasiun KA Probolinggo yang berjarak sekitar 3 kilometer dari tkp.
Agar kemacetan dapat diuraikan, petugas kepolisian dengan dibantu warga kemudian menurunkan muatan truk.

Mobil-mobil yang masih kinyis-kinyis itu diturunkan secara manual dan diletakkan dipinggir jalan. Setidaknya, proses ini memakan waktu sekitar 1 jam lebih.

“Kita berinisiatif menurunkan muatan agar dapat dievakuasi. Arus lalulintas sudah terurai begitu juga dengan perjalanan kereta api Probowangi yang sempat terganggu.

Baca Juga :   Setahun, Dinas Permukiman Perbaiki 2 Ribu Rumah

Kami akan mengusulkan kepada pemerintah agar aspal di dekat perlintasan itu ditinggikan, supaya kejadian ini tidak terulang lagi,” kata Kaslantas Polresta Probolinggo AKP. Samsul Hadi. (saw/yog)