18:23 - Selasa, 24 Januari 2017
Senin, 5 Desember 2016 | 20:20

Lomba Dayung Perahu Naga akan Dihidupkan Lagi di Ranu Grati


Pasuruan (wartabromo) – Pemerintah Kabupaten Pasuruan akan mengembalikan Danau Ranu Grati sebagai jujukan wisata yang layak dan pantas untuk dikunjungi. Pengembangan Ranu Grati akan dilakukan pada 2017.

“Ranu Grati merupakan potensi bahari di Kabupaten Pasuruan yang akan menjadi prioritas pengembangan tempat pariwisata, baik dari sarana prasarana hingga ragam acara untuk mendatangkan para wisatawan. Utamanya menghidupkan lomba dayung perahu naga yang pernah dilakukan,” kata Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Senin (5/11/2016).

Menurut Irsyad, pada 2017 prioritas pembangunan Kabupaten Pasuruan memang di sektor pariwisata, sehingga potensi-potensi pariwisata yang belum tergarap dengan maksimal, akan segera dikembangkan.

“Danau Ranu akan kita ramaikan dengan banyak kegiatan, mulai dari lomba mancing, jet ski dan dayung perahu naga, karena itu pernah dilakukan dulu sekali, sehingga saya menginginkan itu kembali,” katanya.

Untuk itu, demi merealisasikan hal tersebut, Irsyad telah mengintruksikan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk menyusun rencana, mulai dari kesiapan anggaran, ragam kegiatan dan promosi ke luar Kabupaten Pasuruan.

“Leading sektornya adalah pariwisata, jadi saya minta untuk tahun depan, Ranu ini dikembangkan dengan maksimal. Kita lihat kekuatan APBD untuk memajukan Ranu berapa,yang jelas kita akan membuat Danau Ranu ini jadi hidup dan banyak dikunjungi oleh wisatawan dari manapun,” imbuhnya.

Saat ini tradisi Distrikan yang sudah lama ditinggalkan kembali dihidupkan kembali. Tradisi ini sudah mulai dilakukan lagi sejak tiga tahun lalu. (mil/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Bupati tanam pohon

Kabupaten Pasuruan Target Tanam 2,4 Juta Pohon

Sosialisasi larangan truk barang masuk pandaan-malang di Akhir pekan

Begini Tanggapan Para Sopir Soal Pembatasan Jam Truk di Pandaan