Cegah Kejahatan, Polres Probolinggo Luncurkan Aplikasi ‘POLISI PROGRESIF’

2078

Kraksaan (wartabromo.com)  – Sebuah aplikasi tombol darurat bernama ‘POLISI PROGRESIF’ untuk ponsel berbasis Android diluncurkan Kepolisian Resor (Polres) Probolinggo. Aplikasi tombol panik ini berfungsi merespons secara cepat laporan yang disampaikan masyarakat dalam menangani tindak kejahatan.

Kapolres Probolinggo, AKBP Arman Asmara Syarifuddin mengatakan aplikasi ini merupakan hasil sinergisitas antara polisi dengan Sekolah Tinggi Teknik Nurul Jadid, Paiton. Aplikasi ini  yang dinamakan ‘POLISI PROGRESIF’ merupakan bagian dari Promoter BROMO PERKASA.

“Aplikasi ini sudah bisa diunduh secara gratis melalui Google Playstore. Pengguna harus melakukan registrasi agar aplikasi ini tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Aplikasi ini bisa dipakai oleh siapa saja dan penggunaannya sangat mudah. Tidak ada pungutan biaya atas penggunaan perangkat lunak tersebut,” ujar AKBP. Arman, Jumat (16/12/2016).

Baca Juga :   Wartawan Probolinggo Desak Oknum TNI AU yang Aniaya Wartawan Ditindak Tegas

tombol panik polres probolinggoMenurut Arman, aplikasi ini memiliki beberapa fungsi, diantaranya fungsi utama TOMBOL DARURAT. Tombol ini jika ditekan lama akan memberitahu pusat komando di Polres Probolinggo untuk menggerakkan petugas-petugas yang berada di dekat lokasi pelapor.

“Aplikasi tersebut akan mengirim sinyal dan pesan singkat berupa lokasi dimana tombol panik tersebut diklik kepada anggota polisi terdekat. Setelah menerima sinyal, personel polisi terdekat akan meluncur ke tempat tersebut,” ungkapnya.

Selain itu, aplikasi ini juga memberi kemudahan untuk masyarakat melaporkan hal-hal lainnya seperti terjadinya kemacetan, kecelakaan hingga pungli dengan menggunakan menu LAPOR. Sementara untuk masalah bencana, atau terjadi Kebakaran, masyarakat tinggal sentuh menu Call Center yang akan menyajikan tombol telepon BPBD dan PEMADAM KEBAKARAN. Ada fasilitas tambahkan foto yang bisa langsung ambil gambar situasi.

Baca Juga :   BMKG Temukan Siklon Tropis "Cempaka", Jawa Timur Waspada Bencana Alam

Fungsi penting lainnya adalah lokasi semua Polsek, Rumah sakit berikut nomor telepon di menu LOKASI. Sehingga Warga dengan mudah dapat menghubungi Polsek dan Puskesmas terdekat. Aplikasi ini juga sudah dapat digunakan di obyek vital, seperti bank, perusahaan, instansi, dan pertokoan.

Bagi masyarakat yang ingin mendownload aplikasi tersebut bisa langsung ke Google Playstore dan melakukan pencarian menggunakan keyword “Polisi Progresif” atau bisa langsung klik tautan https://play.google.com/store/apps/details?id=supriady.polisiprogresif. (saw/fyd)