15.293 Pelajar Belajar Pendidikan Lingkungan di Kebun Raya Purwodadi

1377

Purwodadi (wartabromo.com) – Kebun Raya Purwodadi sebagai salah satu instansi di bawah naungan LIPI, salah satu fungsinya adalah melaksanakan layanan pendidikan lingkungan. Pada bulan Desember ini kunjungan peserta pendidikan lingkungan kian meningkat.

Peningkatan tersebut terlihat pada minggu ke-3 Desember ini, tercatat tidak kurang dari 2.124 peserta pendidikan lingkungan yang datang berkunjung ke Kebun Raya Purwodadi sejak Januari 2016. Dengan demikian total peserta pendidikan lingkungan sampai tanggal 16 Desember 2016 ini adalah sebanyak 15.293 pelajar.

Menurut Pranata Humas Kebun Raya Purwodadi Sanusi, target peserta pendidikan lingkungan sampai akhir tahun ini adalah 15.000 peserta. Sedangkan yang telah terdata hingga Bulan Desember minggu ke-3 sudah mencapai 15.293 pelajar.

Baca Juga :   Ini Kendala Bulog Jatim Serap Gabah Petani

“Ini merupakan pencapaian yang cukup bagus. Target kami untuk tahun ini hanya 15.000 peserta pelajar. Tapi yang tercatat hingga Desember minggu ke -3 ini alhamdulillah sudah melebihi target,” kata Sanusi, kepada wartabromo.com (17/12/2016).

IMG-20161217-WA0039

Ia menambahkan, setiap tahunnya Kebun Raya Purwodadi memang selalu menyiapkan target dalam memberikan layanan pendidikan lingkungan dalam bentuk pemanduan ilmiah dan pelatihan perbanyakan tanaman serta pelatihan pembuatan kompos.

Melalui pelatihan perbanyakan tanaman diharapkan para pelajar diharapkan dapat mempraktekan sendiri bagaimana teknik yang baik dan tepat dalam melakukan berbagai cara propagasi tanaman. Teknik perbanyakan yang didapatkan oleh para peserta pelatihan perbanyakan tanaman antara lain mencangkok, menstek, dan menyambung.

Baca Juga :   Mencari Kerang di Pantai, Ngabuburit Seru ala Warga Randutatah

“Dengan adanya layanan pendidikan lingkungan ini diharapkan siswa-siswi dapat menambah wawasan dan mengerti tentang pentingnya pembibitan dan memperbanyak tanaman secara vegetatif. Di samping itu siswa-siswi peserta pendidikan lingkungan ini diharapkan dapat memahami pentingnya keseimbangan ekosistem, keanekaragaman tumbuhan, pelestarian sumber daya alam dan pemanfaatannya secara berkelanjutan,” jelasnya

Kebun Raya Purwodadi sendiri terletak di jalur strategis Surabaya – Malang. Dua kota pelajar dengan jumlah sekolah dan perguruan tinggi yang banyak. Kebun Raya Purwodadi menyimpan sekitar 11.700 spesimen koleksi tanaman dari seluruh dunia, khususnya dari daerah dataran rendah kering. Koleksi tanaman yang tertata asri, hijau dan rindang menjadi magnet pelajar untuk mengenal berbagai tanaman koleksi kebun raya purwodadi. (ros/yog)