Ada Kapal Tenggelam, Polair Pasuruan Imbau Nelayan Tak Melaut Saat Cuaca Buruk

0
48

Panggungrejo (wartabromo.com) – Kesatuan Polisi Air (Polair) Pasuruan melakukan sosialisasi untuk mengimbau agar nelayan tidak nekat melaut saat cuaca buruk. Sosialisasi terus dilakukan demi keselamatan para nelayan.

“Kami dapat perintah dari Dirpolair Polda Jatim agar terus melakukan imbauan dan sosialisasi terkait cuaca di laut. Bila cuaca buruk, kami imbau jangan melaut,” kata seorang perwira di Sat Pol Air Pasuruan, Bripka Laswanto, saat melakukan sosialisasi di Kelurahan Ngemplakrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, Selasa (20/12/2016).

Sosialisasi nelayanSosialisasi tersebut dihadiri 15 nelayan perwakilan dari beberapa kelurahan nelayan di Panggungrejo. Sosialisasi secara berkala juga dilakukan di desa-desa nelayan lainnya.

Perintah langsung dari Direktorat Kepolisian Air Polda Jawa Timur kepada Satuan Polisi Air di Polres Jajaran juga seiring terjadinya kecelakaan di perairang Tongas, Probolinggo.

“Kemarin di Tongas (Probolinggo) ada kapal tenggelam karena cuaca buruk. Jadi agar tidak terjadi pada nelayan Pasuruan, kami lakukan sosialisasi,” terangnya.

Sosialisasi dan penyuluhan rutin dilakukan setiap bulan dan bergiliran di seluruh wilayah pesisir Pasuruan, baik kota maupun kabupaten.

“Teknisnya perwakilan warga tiap desa di satu kecamatan dikumpulkan ke desa tertentu. Kalau kecamatan Kraton, kita kumpulkan di Desa Kalirejo,” terangnya.

Jika sosialisasi dilakukan berkala, sambang desa untuk bimbingan dan penyuluhan dilakukan tiap hari oelah petuigas piket.

Sementara itu, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pasuruan, juga terus mengimbau agar tidak melaut saat cuaca buruk. Meski demikian, KSOP Pasuruan tidak mengeluarkan larangan resmi. (fyd/fyd)