873 Pejabat Eselon di Probolinggo Dimutasi

820

Kraksaan (wartabromo.com) – Mengakhiri tahun anggaran 2016, Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari melakukan mutasi besar-besaran. Sebanyak 873 pegawai yang terdiri dari eselon II, III dan IV dilantik di ruang Aditama Gedung Islamic Centre (GIC) Kraksaan, Jumat (30/12/2016).

Dengan disaksikan Wakil Bupati HA. Timbul Prihanjoko dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo HA. Musayyib, Bupati mengambil sumpah para pejabat itu secara serentak. Ke 873 pejabat itu, meliputi 36 pejabat eselon II, 182 pejabat eselon III, dan 645 pejabat eselon IV, serta 10 PNS fungsional.

Menurut Tantri, pelantikan kali ini adalah berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. Dalam PP tersebut disebutkan bahwa dalam rangka mewujudkan pembentukan perangkat daerah sesuai dengan prinsip desain organisasi. Maka dalam menetapkan besaran dan susunan organisasinya harus didasarkan pada asas intensitas urusan pemerintahan dan potensi daerah, efisiensi, efektivitas, pembagian habis tugas, rentang kendali, tata kerja yang jelas serta fleksibilitas.

Baca Juga :   Polair Polres Probolinggo Tangkap Pengedar Rokok Ilegal

Pada APBD 2017 yang telah disahkan, terdapat Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) yang terbentuk karena aman Peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. Sehingga memuncul satker baru.

IMG-20161230-WA0033

“Ada dinas baru, juga ada penggabungan beberapa dinas lama. Sehingga harus diadakan pelantikan, karena berkaitan dengn program kerja di tahun depan,” katanya.

Tantri mengatakan, dalam mutasi itu, sejumlah pejabat sebagian tetap menempati posisi lamanya dengan nama satker yang berbeda. Namun, juga ada digeser ke satker yang baru. Dengan mutasi ini dilakukan dengan harapan nantinya bisa jauh lebih produktif dari sebelumnya.

“Mutasi ini adalah hal biasa dan wajar. Para pejabat yang sudah dilantik ini diharapkan bisa amanah menjalankan tugas. Apapun dan dimanapun tugasnya, ini merupakan amanat yang harus disyukuri. Serta berprasangka baik dimanapun ditugaskan sehingga tetap optimal bekerja,” ujarnya. (saw/yog)