Awal Tahun Baru, Ke Pantai Bentar Bisa Lihat Hiu Tutul

2025

Gending (wartabromo.com) – Awal tahun baru 2017, kawanan Hiu Tutul (whale shark) muncul di perairan Pantai Bentar, Desa Curah Sawo, Kecamatan Gending. Kemunculan mamalia laut itu terlihat sejak tiga hari yang lalu oleh nelayan.

“Terlihat oleh nelayan yang sedang melaut. Kadang agak jauh dari pantai, terkadang mendekat, pergerakannya mengikut gelombang laut,” ujar Sumari, salah satu warga sekitar.

Hiu Tutul ini muncul secara berkelompok dan merupakan pemakan plankton. Sehingga hewan ini tidak berbahaya bagi manusia. Rata-rata ikan hiu tutul ini berukuran antara 4 meter hingga 8 meter, hampir menyerupai besarnya bus.

Untuk pengunjung pantai Bentar, cukup merogoh kocek Rp 15.000 per orang. Pengunjung dapat melihat dari dekat keindahan hiu tutul berenang dengan menggunakan perahu wisata. Bahkan pengunjung jika berani bisa menaiki ikan hiu tutul. Meski begitu, tak disarankan terlalu sering berinteraksi dan memberi makan paus hiu, sebab akan menghilangkan sifat alamiahnya.

Baca Juga :   Barakuda dan Ratusan Personel Jaga Ketat Sertijab Walikota Probolinggo

IMG-20161231-WA0014

Pengunjung yang sudah melihat kawanan Hiu Tutul terlihat senang. Mereka mengabadikan momen langka ini melalui kamera atau ponselnya. “Selain liburan panjang ini, saya ke pantai Bentar karena ada hiu tutul. Pemandangan ini sangat jarang kita jumpai, apalagi belum melihat hiu tutul secara langsung,” kata Annisa Triyulandari.

Kawanan hiu yang bisa mencapai puluhan ekor ini, merupakan fenomena tahunan. Sejak beberapa tahun terakhir, hiu ini menjadi ikon wisata Pantai Bentar. Meski demikian, pengunjung tak bisa menikmatinya setiap saat sepanjang tahun. Karena hiu ini muncul pada bulan-bulan tertentu, antara bulan Januari hingga April. Kawanan pemakan plankton ini, muncul atau tampak di pantai Bentar pada pagi dan sore hari atau saat cuaca sedang mendung. (saw/yog)