22:50 - Jumat, 24 Maret 2017
Rabu, 4 Januari 2017 | 16:05

Ikan Mirip Duyung Ditemukan Mati di Dekat PLTU Grati


Grati (wartabromo.com) - Seekor ikan mirip duyung ditemukan mati di perairan dekat PLTU Grati Kabupaten Pasuruan. Kabar penemuan tersebut disampaikan oleh pemilik akun FB Arif Si Akang Panjul ke salah satu grup facebook pada Rabu (4/1/2016) siang.

Ikan yang diduga mirip ikan duyung atau bernama latin Dugong Dugon tersebut terlihat tergeletak dan dipegang oleh sejumlah pemuda yang diduga sedang mancing di kawasan perairan setempat.

“Telah di temukan ikan sudah mati di pantai PLTU Grati tlong di laporkan ke Polirut. terima kasih” demikian status yang ditulis oleh akun FB Arif Si Akang Panjul disertai foto kondisi hewan diduga mamalia laut yang tergeletak tersebut.

duyung

Foto : Arif Si Akang Panjul

Berdasarkan penelusuran wartabromo, dari foto – foto tersebut tampak beberapa ciri yang sesuai dengan mamalia laut Dugong Dugon yakni memiliki kepala yang bulat dengan mata yang kecil dan lubang hidung di bagian atas moncong. Selain itu, Kulitnya tampak tebal, keras dan licin dengan warna abu-abu agak kebiruan.

Meski belum diketahu kepastiannya, sekedar diketahui, Mamalia laut Dugong Dugon sendiri merupakan binatang laut yang dilindungi melalui peraturan pemerintah nomer 7 tahun 1999. Duyung hidup di perairan laut yang berair tenang dan dangkal dengan kedalaman sekitar 20 meter. Populasi dan kelestarian duyung (Dugong dugon) terancam akibat rusaknya ekosistem lamun sebagai habitat duyung.

Hingga berita ini ditulis, belum ada konfirmasi dari pihak Polair Pasuruan maupun pihak terkait tentang penemuan mamalia laut tersebut. (yog/yog)

Komentar Anda

Komentar

Filed in
IMG-20170103-WA0015

Dibersihkan, Sampah di Lautan Pasir Bromo Mencapai 2 Truk

FB_IMG_1483370411653

Setelah Ada Anak Meninggal, Pemkab Nyatakan Tambang Sirtu Lakukan Pelanggaran Lingkungan