01:42 - Kamis, 14 Desember 2017
Kamis, 5 Januari 2017 | 06:19

Duyung Ditemukan Mati di Grati, BKSDA Terjun ke Lokasi

Grati (wartabromo.com) – Kabar ditemukannya mamalia laut langka dilindungi yakni duyung (Dugong Dugon) di pesisir perairan Grati dekat PLTU Grati oleh sejumlah warga dan nelayan langsung direspon oleh Balai Besar Konservasi Sumber daya Alam Jawa Timur.

Kepala BBKSDA, Ayu Dewi Utari menyatakan, pihaknya langsung menerjunkan tim ke lokasi untuk memastikan keberadaan hewan laut herbivora yang dikabarkan terdampar di kawasan perairan dekat PLTU Grati.

Sayangnya, sesampainya di lokasi, petugas BBKSDA Jatim mendapati jika mamalia laut langka tersebut sudah dikubur di dekat PLTU oleh warga atau nelayan sekitar.

“Kondisi satwa udah dikubur. Tapi untuk memastikan jenisnya petugas melakukan pembongkaran, ” ujar Ayu Dewi Utari pada wartabromo.com, Kamis (5/1/2016).

Duyung

Dari hasil identifikasi, dipastikan jika yang ditemukan oleh warga tersebut merupakan mamalia laut duyung atau Dugong Dugon sepanjang 2 meter yang mati setelah terdampar. Duyung merupakan spesies langka yang kini diambang kepunahan karena perburuan.

“Kondisi satwa saat dibongkar udah bau dan kulit mudah terkelupas diperkirakan sudah mati mulai kemarin (Senin, red), ” jelas Ayu.

Sebelumnya sempat diwartakan wartabromo.com, seorang warga menemukan satwa diduga mirip duyung di perairan dekat PLTU Grati. Sang penemu sempat meng-upload foto – foto duyung saat pertama kali ditemukan melalui akun media sosialnya. (yog/yog)

Filed in

Setelah Ada Anak Meninggal, Pemkab Nyatakan Tambang Sirtu Lakukan Pelanggaran Lingkungan

Duyung yang Terdampar di Grati Dikubur di Tepi Pantai