15:03 - Thursday, 23 August 0717
Thursday, 5 January 2017 | 13:26

Mushollah dan 16 Rumah Diterjang Angin, Pemkot Kucurkan Bantuan Perbaikan


Pasuruan (wartabromo.com) – 16 warga Kota Pasuruan yang rumahnya rusak akibat diterjang angin puting beliung pada 9 Desember 2016 lalu mendapatkan bantuan dari pemerintah setempat

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan, Yanuar Afriansyah mengatakan, dari 16 rumah, 2 diantaranya mengalami kerusakan berat, yakni rumah milik Ita Sulistyowati dan Sri Rahayu, warga RT 02 RW 03, Kelurahan Pohjentrek. Sedangkan 14 rumah lainnya berada di Kelurahan Karangketug dan kondisi kerusakannya adalah ringan hingga sedang.

“Setelah kejadian, kita langsung turun untuk mengecek rumah mana saja yang diterpa putting beliung. Setelah selesai, kita sampaikan ke Dinas Pekerjaan Umum sampai akhirnya pencairan dan kita berikan hari ini,” terangnya.

IMG-20170105-WA0000

Untuk kerusakan ringan hingga sedang, masing-masing warga terdampak menerima bantuan mulai dari Rp 750 ribu-Rp 1,4 juta, sedangkan khusus untuk Ita dan Sri, masing-masing menerima bantuan sebesar Rp 19,415 juta dan Rp 15,867 juta.

Selain 16 rumah, dua musholla di Kelurahan Karangketug juga menerima bantuan serupa, lantaran atap dan genteng yang juga rusak pasca dihantam puting beliung.

“Kalau untuk rumah Bu Sri dan Bu Ita memang rusak parah, karena semua atap hingga tembok juga jebol, jadi termasuk kategori rusak berat. Kalau di Karangketug hanya genteng yang berjatuhan dan atap yang jebol tapi tidak besar,” imbuhnya.

Sementara itu, Walikota Setiyono yang menyerahkan langsung bantuan tersebut berharap agar bantuan bisa dimanfaatkan untuk membenahi rumah warga yang rusak. Selain itu, dirinya juga menghimbau kepada warga sekitar untuk sedianya bergotong royong membantu memperbaiki seluruh rumah warga yang rusak akibat amukan putting beliung.

“Kalau dibantu warga jadi cepat, tapi tetap harus ada tukang bangunan, sehingga tidak salah dalam perbaikan rumah itu sendiri,” tegasnya. (ron/yog)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Lomba Foto Selfie RTH Publik Bapedda Kota Pasuruan Panen Kritikan

Prihatin, Bikers Probolinggo Gotong Royong Tambal Jalan Berlubang