Sampah dan Bongkahan Kayu Sisa Banjir Tuntas Dibersihkan

852

Purwodadi (wartabromo.com) – Banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Pasuruan akibat meluapnya sejumlah sungai menyisahkan material berupa sampah dan kayu. Untuk menjaga kebersihan dan mencegah sumbatan pada aliran sungai, material tersebut dibersihkan.

“Hari ini kami selesai bersih-bersih material kayu, sampah, hingga tebon sisa pertanian yang terbawa banjir,” kata Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana, Jumat (6/1/2017).

Selain di Sungai Surak yang meluap ke jalan raya hingga menyebabkan kemacetan luar biasa di jalur Surabaya – Malang, sejumlah sungai juga meluap pada Kamis, sore.

Antara lain Sungai Welang, Sungai Rejoso dan Sungai Kebotohan di Nguling. Rumah-rumah di Desa Tambakrejo Kecamatan Kraton, Desa Kedawungkulon dan Desa Kedawungwetan Kecamatan Rejoso dan di Winongan terendam banjir.

Baca Juga :   Pawai 1.087 Tumpeng Apel dan Tangki Susu Raih Rekor MURI

“Kami bersihkan semuanya, mulai di Sungai Surak, Sungai Welang, Sungai Rejoso hingga Sungai Kebotohan di Nguling. Material kayu dan sampah tersebut bisa menyumbat arus air jika hujan kembali turun,” jelasnya.

Bersih-bersih melibatkan personel BPBD, Tagana, Satpol PP, Dinas Pengairan, muspika dibantu warga. Pembersihan dilakukan dengan alat berat. (fyd/fyd)